Beberapa Penyebab Keputihan Pada Saat Hamil Muda

Keputihan saat hamil muda memang kerap kali terjadi. Meskipun menjadi sesuatu hal yang wajar namun bagi ibu yang sedang hamil harus mengetahui dengan betul apa itu keputihan sehingga dengan mudah bisa mengidentifikasi berbagai faktor yang menyebabkan keputihan saat hamil yang dialaminya. Dan kemudian bisa melakukan tindakan-tindakan kewaspadaan berikutnya.

Mengatasi Keputihan Pada Saat Hamil

Jika memang keputihan sering kali terjadi pada saat hamil muda, lalu apa sajakah penyebabnya?…

Berikut ini adalah beberapa penyebab keputihan pada saat hamil muda

  1. Keputihan pada saat hamil muda bisa disebabkan karena mengalami infeksi atau peradangan. Infeksi atau peradangan ini biasanya diakibatkan oleh bakteri ataupun jamur. Dan yang paling sering terjadi infeksi pada organ kewanitaan saat hamil muda ini kebanyakan di sebabkan oleh jamur.
  2. Selain disebabkan oleh jamur ataupun bakteri, keputihan pada saat hamil muda juga bisa disebabkan karena terinfeksi virus dengan jenis HPV ( Human Papilloma Virus). Virus HPV ini biasanya akan menimbulkan kutil-kutil kecil yang juga akan memicu terjadinya keputihan saat hamil.
  3. Keganasan kanker leher Rahim. Penyakit kenker leher Rahim juga bisa menimbulkan keputihan pada saat hamil.
  4. Penyebab keputihan pada saat hamil muda selain terjadi karena virus HPV juga bisa disebabkan karena penyakit menular yang ditularkan melalui hubungan in**m seperti sifilis maupun Gonorhoe (GO).
  5. Sedangkan keputihan pada masa hamil tua, maka terkadang keputihan tersebut dikarenakan bayi sudah mendekati masa lahir. Keputihan ini biasanya berupa gumpalan lender yang tebal karena keluar dari sumbatan mulut Rahim.

Kelima hal tersebut diatas merupakan berberapa faktor yang menyebabkan keputihan pada saat hamil muda maupun hamil tua.

Bahayakan keputihan pada saat hamil?

Keputihan pada saat hamil merupakan sesuatu hal yang wajar, nemun terkadang bisa juga berbahaya bagi janin yang berada di kandungan.

Untuk mengetahui apakah keputihan pada saat hamil itu berbahaya atau tidak, yang perlu dipahami adalah seperti apa keputihan yang sedang dialaminya. Apakah keputihan yang terjadi seperti:

  1. Keluarnya keputihan berupa lendir yang kental dan lengket.
  2. Warna lendir tersebut kehijauan atau kekuning-kuningan bahkan sampai berwarna kemerahan atau kecoklatan.
  3. Lendir yang keluar berbau tidak enak dan menyengat.
  4. Daerah di sekitar organ kewanitaan berwarna kemerah-merahan dan terasa sangat gatal.

Jika beberapa tanda tersebut muncul sebagai keputihan pada saat hamil muda maupun pada saat hamil tua maka perlu waspada dan segera diatasi, apalagi jika tanda-tanda tersebut muncul secara bersamaan maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan ketempat bidan maupun dokter kandungan yang biasa menangani kehamilan Anda.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *