Bekal Makanan Sehat Untuk Anak

Asupan makanan untuk anak-anak sangat perlu kita jaga. Maraknya jajanan di luar yang tidak sehat seharusnya menjadi warning bagi orang tua untuk membentengi anaknya agar tidak mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti itu. Salah satu cara mengakali agar anak-anak tidak jajan sembarangan adalah dengan membawakan bekal ke sekolah dengan menu makanan sehat.

Bekal makanan untuk anak dapat disesuaikan dengan jam pulang anak dari sekolah. Misalnya saja, jam pulang sekolah anak sebelum makan siang. Untuk hal itu kita tidak perlu mebawakan bekal dengan menu makanan berat untuk anak melainkan kita cukup membawakan cemilan sehat penuh gizi untuk anak.

Namun jika jam pulang sekolah anak melebihi jam makan siang, idealnya isi bekal anak mengandung 300 kalori dengan kandungan protein sebanyak 5 – 7 gram. Komposisi bekal pun juga perlu memerhatikan aktivitas apa yang akan dikerjakan anak pada hari itu. Misal, hari itu anak memiliki jadwal pelajaran olah raga. Kita bisa menambah porsi atau meningkatkan nilai gizi pada bekal makanan anak pada hari itu.

Menu makanan sehat untuk anak yang bisa dijadikan bekal hendaknya harus yang menarik dan mempu menggugah selera makan anak. Para ibu bisa menyiapkan bekal dengan membentuk makanan seperti karakter-karakter kartun atau mengkombinasikan warna yang mencolok pada menu makanan. Para ibu juga bisa membuat menu dengan bentuk yang unik seperti mini pizza, kroket daging dan kentang, pastel, dan lain-lain. Untuk makanan berat yang dibawakan sebagai bekal makan siang anak juga harus yang memiliki gizi yang baik. Misalnya seperti kombinasi daging dan sayur, dan sebagainya.

Untuk melengkapi asupan gizi anak, anda juga bisa membekali anak dengan minuman sehat seperti susu ataupun jus buah sebagai penyeimbang bekal yang dibawa. Sehingga makanan dan minuman yang dibawa sudah memenuhi takaran makanan gizi seimbang. Pastikan juga menu yang anda buat untuk bekal sekolah anak tidak hanya itu itu saja dan berulang setiap harinya. Hal itu akan membuat anak bosan dan kehilangan nafsu makanannya.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *