Capek Duduk, Cobalah Bekerja Sambil Berdiri Dan Rasakan Manfaatnya

Pekerjaan di kantor membuat Anda terbiasa duduk delapan sampai sembilan jam perhari. Tapi sebuah study menunjukkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama termasuk saat kerja sering menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh. Guna mengantisipasi hal tersebut, beberapa tahun terakhir muncul trend standing desk atau meja kerja tinggi tanpa kursi yang memunkinkan pekerja bisa beraktifitas dengan berdiri sehingga bisa mengurangi durasi duduk.

Awal-awal, bekerja sambil berdiri menggunakan standing desk memang terasa agak kikuk. Tapi lambat laun, pekerja menjadi terbiasa.

Dilihat dari sisi manfaatnya, Anda akan menemukan banyak sekali manfaat bekerja sambil berdiri. Meskipun hal itu dilakukan hanya sebagai selingan manakala bekerja dengan duduk sudah membuat badan terasa pegal, penat dan capek.

bekerja-sambil-berdiri-menggunakan-standing-desk

Berikut manfaat bekerja sambil berdiri menggunakan standing desk.

1. Menghilangkan rasa ngantuk

Bekerja sambil duduk lebih banyak memancing datangnya rasa ngantuk. Lain halnya bila bekerja sambil sambil berdiri menggunakan standing desk. Rasa kantuk tidak mudah datang dan tentu saja tugas jadi mudah dikerjakan.

2. Mengurangi sakit punggung

Bekerja sambil duduk dalam waktu yang lama, punggung sering kali terasa pegal dan sakit. Dengan bekerja sambil berdiri, secara otomatis punggung akan tegak. Punggung yang biasanya terasa pegal dan sakit bisa berkurang secara drastis.

3. Meningkatkan energi

Seringkali energi dalam tubuh kurang dimaksimalkan. Setelah Anda mengkonsumsi makanan dan ditutup dengan minum, tubuh akan mengalami metabolisme, mengurai zat gizi dalam makanan menjadi energi dan yang lain. Efek yang timbul dari proses ini biasanya mata akan merasakan mengantuk. Terlebih bila tubuh dalam posisi yang sangat mendukung datangnya mengantuk yaitu saat duduk.

Dengan bekerja sambil berdiri menggunakan standing desk, Anda tidak mudah mengantuk. Energi yang dihasilkan setelah makan tidak akan terbuang sia-sia dan akan berguna untuk mengerjakan tugas.

4. Menjadi lebih fokus

Anda akan menjadi lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan karena tidak terganggu oleh rasa mengantuk, punggung yang pegal, juga karena tenaga Anda benar-benar berfungsi maksimal.

5. Melatih ketahanan tubuh

Posisi bekerja sambil berdiri membuat ketahanan tubuh jadi terlatih. Selain posisi yang tegap, kaki juga makin kuat, Anda juga memiliki kebebasan untuk sekedar berolahraga kecil dengan menggerak-gerakkan kaki tanpa khawatir terganggu kursi.

6. Memberikan peluang beristirahat

Saat mata sudah mulai lelah dan perih karena lama menatap monitor komputer, atau tangan sudah terasa pegal setelah input data manual, Anda lebih mudah beristirahat dengan menjauhkan diri dari standing desk. Atau bergerak ke kanan ke kiri dengan rileks dan mengibas-ngibaskan tangan mengurangi rasa capek.

Meski memiliki banyak manfaat, bekerja sambil berdiri menggunakan standing desk membutuhkan persiapan. Cara ini banyak mengandalkan kekuatan kaki untuk menopang tubuh. Begitu juga bila dilakukan terlalu lama, kaki akan terasa sakit. Oleh karena itu, persiapkan alas yang senyaman mungkin dan batasi waktunya.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *