Perusahaan Ini Beri Bonus 8,5 Juta Rupiah Buat Karyawan Yang Bisa Tidur Nyenyak

Aneh, tapi luar biasa. Itulah yang dilakukan sebuah perusahaan Jepang terhadap karyawannya. Demi meningkatkan kinerja yang baik perusahaan memberikan bonus uang sebesar 64 ribu yen atau sekitar 8,5 juta rupiah kepada karyawannya yang bisa tidur nyenyak di malam hari.

Dikutip dari Bloomberg, (23/11/2018) kebijakan unik ini diberikan perusahaan wedding organizer di Jepang, Crazy Inc. setelah memahami sekitar 92 persen warga Jepang usia 20 tahun ke atas mengalami kekurangan tidur dan istirahat malam hari. Hal ini dianggap bisa berdampak pada kinerja mereka di siang hari dan mempengaruhi tingkat produktifitas. Crazy Inc. benar-benar ingin semua karyawannya dalam kondisi sehat, bugar, cukup gizi dan cukup tidur.

Baca juga : 11 Manfaat Tidur Malam Hari

Seorang karyawan tidur saat sedang bekerja

Kurang tidur bisa mengurangi produktifitas karyawan

Kazuhiko Moriyama selaku CEO perusahaan tersebut yakin karyawan yang memiliki istirahat yang cukup dengan tidur nyenyak bakal lebih sehat dan bahagia. Efeknya, mereka lebih bergairah menjalani aktifitasnya di waktu kerja yang pada ujungnya bakal menguntungkan perusahaan. Demi mendukung hal tersebut, perusahaan mengakalinya dengan memberi apresiasi bonus yang dihitung berdasarkan poin.

Bagi karwawan yang bisa tidur minimal 6 jam / hari selama lima hari kerja bakal mendapatkan sebuah poin yang bisa ditukar dengan makanan di kantin kantor hingga senilai 64 ribu yen atau setara 8,5 juta per tahun. Besar kecilnya bonus juga dihitung berdasarkan kualitas tidurnya menggunakan aplikasi yang dibuat perusahaan kasur, Airweave. Semakin bisa tidur nyenyak, makin banyak bonus yang bakal diterima.

Langkah unik lain yang dilakukan Crazy Inc dan jarang dilakukan perusahaan lain adalah memperbolehkan karyawan mengambil libur di hari kerja biasa. Hal ini untuk memastikan karyawan memiliki suasana hati yang bahagia dan tidak tertekan.

Moriyama berharap langkah yang ditempuh Crazy Inc. bisa menginspirasi dan diikuti perusahaan lain di seluruh dunia agar karyawan tetap mendapatkan haknya untuk hidup sehat dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih dari meningkatnya produktifitas karyawan.

Belum diketahui apakah langkah yang dilakukan Crazy Inc. ini bisa diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia atau tidak. Menurut Anda bagaimana?

Baca juga : Informasi lain seputar tidur di sini!

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *