Inilah 3 Buah Yang Dapat Memelihara Kesehatan Jantung

Makanan sehat untuk jantung sangat banyak sebenarnya. Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah. Yang menjadi kesulitan mungkin pola konsumsi makanan sehat yang rutin.

Ada juga yang beralasan tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar memasak makanan sehat. Padahal di luaran sana banyak sekali makanan yang tidak sehat. Entah itu makanan cepat saji (junk food) maupun masakan pedagang kaki lima yang tidak higienis.

Mereka lebih mementingkan rasa yang mantap dengan bumbu yang banyak tanpa mempedulikan efek terhadap kesehatan. Misalnya saja pengunaan vetsin atau micin dan garam yang berlebihan sebenarnya itu sangat tidak baik untuk tubuh. Apalagi untuk orang yang sudah lanjut usia, sangat rentan sekali mengalami tekanan darah tinggi.

Buah untuk kesehatan jantung

Salah satu cara praktis untuk menjaga kesehatan jantung melalui asupan makanan adalah dengan memakan buah-buahan. Ada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan tertentu yang memiliki efek baik untuk kesehatan jantung. Makanan sehat untuk jantung dari buah-buahan ini diantaranya :

Apel

Apel mampu mengurangi tumpukan kolesterol jahat pada tubuh dan juga dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Itu semua berkat kandungan foitronutrien di dalam apel. Selain kandungan tersebut, buah apel juga mengandung zat quercetin dan pektin yang memberikan dampak baik pula bagi kesehatan jantung. Zat pektinlah yang berperan untuk menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah yang melebihi batas normal.

Anggur

Buah anggur kaya akan serat. Hal ini juga bisa membantu proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu anggur juga mengandung zat quercetin, sama seperti buah apel yang sudah dijelaskan di atas tadi. Karena itulah anggur bisa dimasukkan ke dalam list makanan sehat untuk jantung.

Buah Beri

Selanjutnya adalah buah beri-berian seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry. Buah beri mengandung serat dan antioksidan yang sangat tinggi. Jadi buah beri dapat mengeluarkan toksin jahat dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi buah sebagai makanan sehat untuk jantung. Semoga Anda dapat segera memiliki pola makan yang sehat sehingga kesehatan jantung maupun kesehatan seluruh organ tubuh dapat terjaga.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *