6 Cara Ampuh Terhindar Dari Penyakit Malas Saat Bekerja

Malas, itulah penyakit yang banyak mewabah pada setiap orang, tak terkecuali para karyawan. Dan sudah bukan rahasia lagi bila penyakit malas ini adalah biang kehancuran. Pekerjaan terbengkalai, perhatian terabaikan, deadline tidak bisa terpenuhi. Karenanya, sifat malas ini haruslah dibuang jauh jauh.

Bagi Anda yang sedang semangat – semangatnya bekerja, ingatlah suatu saat Anda pasti akan menjumpai penyakit malas. Dan ada saja yang selalu bikin Anda malas, bahkan hanya karena hal-hal yang sepele dan tak ada hubungannya dengan urusan pekerjaan.

Nah, sebelum semuanya terjadi sebaiknya lakukan langkah-langkah antisipasi.

Berikut 6 cara ampuh terhindar dari penyakit malas saat bekerja

1. Bagi tugas menjadi kecil-kecil

Melihat pekerjaan banyak dan menumpuk, tentu sudah jengah dulu. Rasa malas bisa langsung menyerang pikiran.

Untuk mengatasinya, bagi pekerjaan Anda menjadi beberapa bagian kecil. Setelah itu kerjakan satu persatu. Prioritaskan pada tugas yang paling ringan agar Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah.

2. Olahraga dan istirahat secara rutin

Awal dari rasa malas adalah tubuh yang kurang energi. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda menjaga tubuh tetap bugar penuh energi. Istirahatkan sejenak tubuh Anda manakala sudah merasa agak capek dan lelah. Setelah itu lakukan gerakan-gerakan kecil agar badan kembali segar untuk mulai kerja lagi.

3. Cari penyemangat

Tidak hanya karena tubuh kurang energi, kurang semangat juga memunculkan rasa malas. Anda harus menemukan atau membayangkan sesuatu yang bisa memotivasi Anda bekerja lebih giat dan penuh gairah.

Kalau tidak begitu, meski tubuh Anda sehat penuh energi, Anda akan tetap kehilangan banyak waktu dan tenaga karena Anda mengerjakan tugas dengan penuh rasa malas.

Temukan motivasi Anda sendiri seperti ingin cepat balik ke rumah ketemu anak-anak, ingin dapat nilai plus dan bonus lebih bila semua tugas selesai dengan cepat dan rapi.

4. Fokus pada satu pekerjaan untuk satu waktu

Mungkin atasan Anda memberi Anda banyak pekerjaan yang berbeda-beda dan harus Anda selesaikan secepat mungkin. Kalau Anda tidak yakin bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu, jangan terima semua tugas yang diberikan.

Kurangi beberapa tugas atau bila perlu ambil satu dua pekerjaan saja untuk Anda selesaikan. Biar tidak terjadi kekacauan, fokuslah untuk mengerjakan satu tugas hingga selesai dalam satu waktu. Jangan dikerjakan semuanya secara bersamaan.

Hasil pekerjaan bisa jadi tidak maksimal karena pikiran dan tenaga Anda tercurah untuk banyak hal. Belum lagi Anda akan terserang rasa malas dan jengah melihat pekerjaan menumpuk.

5. Jangan berusaha menghindari tugas

Menghindari tugas memang membuat Anda bebas dari beban kerja. Tapi harus diingat, pekerjaan tetaplah pekerjaan. Kalau selalu dihindari dan tidak dikerjakan tidak akan pernah selesai. Kalau memang sudah menjadi tugas Anda, terimalah dengan semangat dan yakinkan diri bahwa Anda bisa menyelesaikan tugas yang Anda terima.

Dengan begitu rasa malas yang datang menghinggapi perasaan bisa disingkirkan.

6. Meditasi

Meditasi menjadi salah satu cara ampuh terhindar dari penyakit malas saat bekerja. Diam, tenangkan hati, buang jauh segala pikiran negatif, hirup nafas dalam-dalam dan buang pelan-pelan.

Dengan jiwa yang tenang Anda bisa menjalani hari dengan penuh semangat dan fokus. Anda juga termotivasi untuk selalu menyelesaikan apa yang menjadi tugas Anda tanpa dihatui rasa malas.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *