Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membantu Sahabat Anda Yang Belum Mendapatkan Pekerjaan

Betapa bingungnya saat Anda saat masih belum mendapatkan pekerjaan. Kesana kemari mengajukan lamaran ke banyak perusahaan. Kadang rasa lelah dan jenuh menyerang hingga hampir berputus asa. Jika kemudian sekarang Anda telah memperoleh pekerjaan, itu merupakan karunia tak terhingga dari Yang Maha Kuasa yang wajib disyukuri. Anda bisa membangun kembali apa yang telah Anda impikan, menata kehidupan yang lebih baik secara mandiri tanpa harus menjadi beban orang tua dan orang tercinta lainnya.

Lalu bagaimana dengan sahabat dan teman Anda yang belum mendapatkan pekerjaan juga sampai sekarang? Adakah yang bisa Anda lakukan untuk membantunya?

Sebagai seorang sahabat, Anda tentu ingin melihat dia memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya baik dari sisi finansial maupun kehidupan rumah tangganya. Namun, tidak semua sahabat memiliki garis nasib yang sama seperti Anda. Kalau sekarang Anda lihat dia belum mendapatkan pekerjaan yang bisa membuatnya berbahagia, Anda bisa melakukan beberapa hal yang untuk membantunya mendapatkan pekerjaan.

belum-mendapatkan-pekerjaan

Berikut 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu sahabat Anda yang belum mendapatkan pekerjaan

1. Sempatkan diri untuk selalu menemuinya

Tuntutan pekerjaan terkadang membuat Anda harus terpisah dengan orang-orang baik di sekitar Anda, termasuk sahabat. Namun Anda masih memiliki waktu-waktu tertentu yang lepas dari urusan pekerjaan seperti saat cuti atau libur kerja mingguan. Kesempatan inilah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal terbaik buat sahabat Anda.

Anda bisa menemui sahabat Anda sesekali agar dia tidak merasa sendirian, ngobrol ngalor ngidul, bernostalgia. Bila perlu pergilah bersamanya untuk travelling ke tempat – tempat yang belum pernah dikunjungi agar suasana keakraban tetap terjaga.

2. Berbicara tentang masalah pekerjaan

Bagi Anda hal ini bisa sangat mudah, karena Anda telah memiliki pekerjaan. Namun, bagi sahabat Anda hal ini bisa cukup sensitif. Bisa saja menimbulkan kecil hati dan rendah diri bila disinggung masalah pekerjaan.

Jadi, pastikan untuk berhati-hati berbicara topik yang berkaitan dengan hal ini. Jangan sampai hatinya tersinggung dan tersakiti. Terkecuali kalau Anda tahu sahabat Anda orangnya legowo-nan, tidak mudah tersinggung dan selalu ceria meski sedang bermasalah.

3. Semangati dia agar berani ikut interview

Interview merupakan hal penting saat mencari pekerjaan. Selalu semangati sahabat Anda agar berani dan tetap percaya diri mengikutinya, meski berkali-kali interview sebelumnya belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Katakan padanya juga bahwa selain dia, masih banyak orang lain yang sedang berusaha juga untuk lolos interview. Jadi, dia tidak sendirian.

4. Segera beritahu sahabat Anda manakala ada lowongan kerja

Ini merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk membantu sahabat Anda. Hal ini akan jadi sangat penting dan berharga karena tidak setiap orang mengetahui lowongan kerja yang ada.

Jadi, bila secara kebetulan Anda menemukan lowongan kerja baik dari media cetak, media online atau dari orang – orang yang Anda kenal, segeralah beritahu sahabat Anda.

5. Jangan buat sahabat Anda berputus asa

Adalah lumrah bila sahabat Anda ingin menyerah dan putus asa karena tak segera mendapatkan pekerjaan setelah lama dia mencari. Dalam konsisi seperti ini, tugas Anda adalah meyakinkan dia agar selalu semangat dan tidak boleh menyerah. Anda yakinkan bahwa semakin banyak penolakan, semakin dekat pula yang akan menerima.

Bisa juga Anda yang menawarkan pada sahabat Anda sebuah pekerjaan, paling tidak agar pikirannya tidak galau karena ada yang dikerjakan dan tetap mendapatkan penghasilan meski belum sesuai yang diinginkan.

Ingat, pekerjaan bukan segalanya dan bukan untuk selamanya. Pekerjaan bisa bergonta-ganti sesuai situasi dan kondisi, sedangkan persahabatan adalah segalanya. Jadi, lakukan apa yang bisa Anda lakukan dan pastikan persahabatan Anda dengan dia tetap terjaga dengan baik.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *