6 Cara Mencegah Radang Tenggorokan

Anda merasa sakit di tenggorokan saat menelan makanan? Kalau iya, kemungkinan Anda sedang mengalami radang tenggorokan.

Radang tenggorokan adalah infeksi pada bagian faring (tenggorokan) yang kemudian menjadi radang. Radang tenggorokan disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, iritasi, kekeringan, tumor, dan lain-lain. Contoh, saat kita terlalu banyak makan gorengan, kerupuk, keripik tenggorokan makin lama makin nyeri. Hal ini karena tenggorokan mengalami iritasi. Contoh lain saat cuaca panas dan kurang minum, tenggorokan juga bisa sakit karena kekeringan.

Meski tidak terlihat orang lain, bagi yang sedang mengalami akan merasakan sakit yang cukup menyiksa. Jangankan buat menelan makanan, minum saja rasanya sangat nyeri seperti ditusuk-tusuk. Sebagian orang Jawa menyebut penyakit ini “pancingen”, diibaratkan pada kail pancing yang lancip diujung dan lancip pula di pengait. Kalau menancap di tubuh rasanya menyakitkan. Tak dilepas sakit, dilepas juga sakit karena ujung pengait akan melukai.

Yang sedang “pancingen”, menelan makanan rasanya sakit, tidak makan juga bisa sakit. Mau tidak mau tetap harus makan agar tubuh tidak bertambah sakit. Sungguh sangat menyiksa…

Radang tenggorokan bisa menimbulkan dampak yang lebih buruk seperti demam dan kekurangan gizi disebabkan malas makan. Karena itu perlu dilakukan tindakan pencegahan agar radang tenggorokan segera sembuh dan tidak semakin parah.

radang-tenggorokan

Mencegah radang tenggorokan

Berikut adalah beberapa tindakan yang bisa dilakukan agar mencegah radang tenggorokan.

  1. Sebisa mungkin hindarilah kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami radang tenggorokan. Karena ada kemungkinan penyakitnya disebabkan infeksi virus atau bakteri yang bisa menular.
  2. Cuci tangan menggunakan sabun secara teratur sebelum dan sesudah makan. Cuci tangan juga setelah menggunakan toilet, sehabis menutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk. Bila tak memunkinkan mencuci tangan dengan air seperti saat di perjalanan, sediakan alat cuci berbasis alkohol atau hand sanitizer yang mudah digunakan dimanapun kapanpun.
  3. Jangan berbagi alat makan seperti piring, gelas, sendok dengan orang lain.
  4. Gunakan masker saat membersihkan rumah atau saat mengendarai motor agar debu kotor tidak masuk ke hidung dan mulut.
  5. Berhentilah merokok dan jauhi asap rokok bagi Anda yang tidak merokok. Asap rokok bisa menjadi salah satu sebab iritasi pada tenggorokan.
  6. Jangan lupa jaga kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup, olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Mengobati radang tenggorokan

Bagi yang sedang mengalami sakit, selain cara-cara tersebut di atas, ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengobati radang tenggorokan.

  1. Istirahat yang cukup dengan tidur dan mengurangi aktifitas fisik yang berat agar tidak terlalu kecapekan.
  2. Bila radang tenggorokan disertai serak, jangan terlalu banyak bicara atau berteriak-teriak.
  3. Hindari minuman dan makanan terlalu dingin seperti es. Sebaiknya minum air putih hangat atau teh yang hangat. Bisa juga diganti dengan sup ayam dengan kaldu yang hangat.
  4. Harus banyak minum agar tidak terkena dehidrasi.
  5. Tambahkan garam pada air putih hangat agar terasa agak asin. Air asin dapat membantu segera meredakan rasa sakit pada tenggorokan.
  6. Minum obat penghilang rasa nyeri dan demam seperti parasetamol, aspirin, dan ibuprofen. Baca dengan teliti dan ikuti petunjuknya dengan seksama karena obat-obat tersebut dijual bebas di pasaran dan apotek tanpa harus dengan resep dokter.

Selain meredakan rasa sakit dan tidak nyaman, cara-cara di atas juga membantu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *