Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Sariawan adalah luka terbuka yang biasa terjadi pada bibir bagian dalam yang bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang lumayan hebat, terutama saat terjadi gerakan pada mulut. Sariawan bisa muncul dalam ukuran yang berbeda-beda. Sariawan kecil dengan ukuran diameter sekitar 0.5 centimeter biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu tujuh hingga sepuluh hari. Sedang sariawan besar lebih dari 1 centimeter biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk penyembuhan. Hanya saja, sariawan jenis ini jarang sekali terjadi.

Sariawan

Sekalipun dalam ukuran kecil, sariawan tetap saja terasa nyeri bila mengalaminya. Dan akan semakin bertambah nyeri bila tersentuh makanan panas atau pedas.

Untuk itu perlu dikenali beberapa cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang akan dipaparkan dengan jelas di bawah ini agar tidak terjadi ketergantungan pada obat berbahan kimia yang berpotensi menimbulkan risiko bahaya lain.

Kumur dengan air garam

Banyak yang setuju jika berkumur dengan menggunakan sedikit larutan garam bisa menjadi cara alami yang cukup efektif untuk mengatasi sariawan. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memasukkan garam pada air. Aduk hingga garam larut bersatu dengan air, lantas kumur kumurlah dengan memakai air garam. Namun, kabarnya ada beberapa orang yang mengeluh jika cara ini tidak bekerja dengan baik.

Yoghurt

Minum yoghurt ternyata bisa menjadi obat yang cukup manjur untuk mengobati sariawan yang sedang Anda alami saat ini. Yoghurt bisa mengontrol dengan baik keseimbangan bakteri yang banyak bersembunyi di dalam rongga mulut. Mengobati sariawan dengan banyak minum atau makan makanan yang mengandung yoghurt di dalamnya, Anda bisa membuat sendiri kreasi makanan lezat dengan bahan utama yoghurt, baik sebagia saus maupun sebagai bahan utama.

Kumur dengan bahan alami

Cara mengobati sariawan dengan mencoba kumur-kumur menggunakan bahan alami yang aman dan dijamin bisa mengatasi sariawan Anda dengan baik. Bahan alami yang biasa digunakan sebagai bahan untuk mengobati sariawan adalah jus dari buah plum, gel lidah buaya dan sebagainya.

Bawang putih atau pepaya

Mengatasi sariawan juga bisa dilakukan dengan cara langsung. Anda bisa menggunakan bawang putih, pepaya atau kantung teh sebagai obat alami penyembuh sariawan. Caranya hanya cukup dengan meletakkan irisan bawang putih atau pepaya atau kantung teh pada daerah mulut yang sedang mengalami sariawan.

Baking soda

Bantu hilangkan bakteri jahat yang terdapat di dalam mulut dengan cara mengolah baking soda dengan air. Campurkan sedikit baking soda dengan air, gunakanlah campuran bahan ini sebagai obat kumur-kumur. Lakukan cara ini dengan teratur sehingga sariawan mengganggu yang ada di dalam mulut bisa lebih cepat mengempis dan hilang dengan sendirinya.

Vitamin

Cara mengobati sariawan yang terakhir dan juga dianjurkan adalah dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan vitamin C, vitamin B, asam folat dan lain – lain. Selain diperoleh secara alami dari buah-buahan atau sayur, vitamin tersebut bisa juga Anda peroleh secara instan, karena sudah banyak toko yang menawarkan produk vitamin di toko mereka. Mengobati sariawan dengan segera itu penting, karena sariawan yang didiamkan saja tidak akan cepat hilang, sariawan membuat bibir Anda kering, pecah-pecah dan tidak jarang sariawan pun menyebabkan bau mulut.

Penyakit mulut atau sariawan ini juga dikaitkan dengan kekurangan vitamin C, jadi ada baiknya anda memperbanyak konsumsi buah atau makanan lain yang kaya akan kandungan vitamin C.

Vitamin C

Selain itu, untuk langkah pencegahan yang bisa anda lakukan ialah dengan rajin dan rutin merawat dan menjaga kesehatan mulut. Ketika mulut kita rajin dibersihkan, baik itu dengan menggosok gigi atau menggunakan obat kumur, kuman atau bakteri yang ada dalam mulut itu sendiri tidak mudah berkembang dan menyebabkan penyakit seperti sariawan ini. Coba saja anda perhatikan orang yang rajin membersihkan mulut dan gigi dengan benar dan menjaga asupan vitamin terutama vitamin C, mereka akan sangat jarang atau bahkan jauh dari penyakit mulut dan gigi, seperti sakit gigi atau pun sariawan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 2 years ago
    Tan

    jus buah atau buah-buahan memang selalu menjadi cara cepat untuk membantu menyembuhkan sariawan. hanya tinggal dikonsumsi maka sariawanpun perlahan akan sembuh, karena asupan vitamin terpenuhi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *