Mulai Stres dan Frustasi, Inilah 7 Cara Efektif Mengurangi Kejenuhan Dalam Bekerja

Sudah umum, rata-rata orang sangat bersemangat saat memulai pekerjaan. Tapi lambat laun, seiring waktu hal – hal lain mulai muncul dalam perasaan, seperti frustasi dan capek. Pekerjaan yang dulu dilakukan dengan senang hati sekarang tidak lagi begitu. Tuntutan kebutuhan lah yang membuat mereka bertahan dalam pekerjaannya.

Kalau hal semacam itu terjadi pada Anda, itu tandanya Anda sedang mengalami kejenuhan. Gejalanya bisa Anda rasakan sendiri, Anda merasa stres, tidak semangat, bosan, bahkan punya keinginan untuk resign dari tempat kerja. Anda menginginkan suasana kerja yang berbeda dari biasanya meski dari sisi pendapatan sebenarnya Anda sangat eman-eman alias enggan.

Yo wis, kalau satu sisi Anda merasa jenuh dengan pekerjaan dan di sisi lain Anda juga sayang meninggalkan pekerjaan, yang Anda lakukan adalah evaluasi. Sebelum Anda memutuskan melirik pekerjaan baru di tempat lain cobalah untuk mengingat kembali masa awal awal dulu memulai pekerjaan. Mengapa Anda begitu bersemangat dan sangat menyukai pekerjaan itu.

Cobalah lakukan beberapa cara berikut untuk mengurangi kejenuhan dalam bekerja.

1. Cari tahu pokok masalahnya

Kejenuhan tidak datang tiba-tiba. Pasti ada sesuatu yang menjadi alasan mengapa Anda merasa tidak betah lagi dengan pekerjaan Anda, dan itu sangat banyak dan beragam.

Bisa saja penyebab rasa jenuh Anda adalah sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, seperti masalah keharmonisan keluarga, masalah anak dan yang lain. Mungkin juga sedang ada masalah dengan pacar seperti baru diputus dan yang lain.

Atau karena hal-hal yang berkaitan dengan masalah pekerjaan. Dengan mengetahui pokok masalahnya, Anda akan lebih terarah dalam mencari solusi mengatasinya.

2. Beri perhatian lebih pada diri sendiri

Mungkin terdengar aneh dan membuat Anda berpikir apa hubungannya perhatian pada diri sendiri dengan kebahagiaan di tempat kerja. Tapi hal yang satu ini sering kali jadi solusi mengatasi kejenuhan dalam bekerja.

Saat diri Anda mendapatkan perhatian lebih seperti cukup waktu istirahat tidur, cukup makanan yang bergizi, cukup berolahraga, dan kebersihan terjaga, tubuh Anda akan selalu dalam keadaan sehat. Dengan begitu, suasana hati pun akan terasa lebih baik. Dimanapun Anda berada termasuk di tempat kerja, hati merasa nyaman, tidak mudah stres dan frustasi.

Di tempat kerja, tetap jaga kesehatan tubuh. Hindari polusi, jauhi merokok meski pada jam istirahat, pastikan tempat kerja bersih serta jangan pandangi monitor komputer terus-menerus. Sesekali lihatlah pemandangan hijau di luar.

3. Gunakan waktu di luar jam kerja untuk kerja sampingan

Anda bisa mengukur sendiri waktu terbaik untuk hal ini, yang penting di luar jam kerja utama. Pekerjaan sampingan selain bisa menjadi sumber penghasilan disamping pekerjaan utama, juga bisa menjadi salah satu solusi mengurangi kejenuhan dalam bekerja. Saat menjalani pekerjaan sampingan, pikiran Anda tidak akan terbebani masalah di kantor. Terlebih bila kerja sampingan sejalan dengan hobi Anda, itu akan sangat menyenangkan.

4. Temukan hal-hal baru di lingkungan kerja

Mengapa pekerjaan terkesan menjemukan dan bikin bosan, itu karena ritme pekerjaan yang monoton. Cobalah mengatur ritme kerja dengan menemukan hal-hal baru di lingkungan kerja. Seringkali hal baru yang tak direncanakan justru memberi pencerahan dan menginspirasi diri untuk lebih berkreasi dalam bekerja.

5. Pindah tempat kerja

Bila mungkin, coba sesekali Anda bergantian tempat kerja dengan teman sekantor. Atau cari tempat paling nyaman untuk Anda menyelesaikan pekerjaan. Meski bukan untuk selamanya, perpindahan kerja dari satu meja ke meja lain atau posisi menghadap yang berubah-ubah bisa jadi salah satu solusi mengurangi kejenuhan dalam bekerja.

6. Ingat masa lalu

Anda pasti ingat mengapa dulu begitu bersemangat untuk bekerja di tempat Anda saat ini. Apa yang membuat Anda senang hingga melamar kerja di tempat Anda saat ini. Bisakah hal itu diterapkan lagi untuk saat ini. Bila bisa, tentu mudah bagi Anda kembali bersemangat dan tentu akan mengurangi kejenuhan.

7. Refreshing

Mintalah ijin pada atasan Anda untuk mengambil cuti dua hingga tiga hari. Gunakan waktu Anda untuk benar-benar lepas dari urusan pekerjaan dengan bercengkerama bersama keluarga, refreshing ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Atau bisa juga berpetualang bersama teman lain yang punya hobi adventure. Bisa ke gunung, menyusuri sungai dengan rafting atau memancing di laut.

Cara ini cukup efektif menyegarkan pikiran dan mengembalikan fokus kerja yang sebelumnya terkikis kebosanan. Dan Anda tidak perlu takut pada atasan karena sebelumnya memang sudah minta ijin cuti. Tak perlu takut pul, perusahaan tidak akan bangkrut hanya karena Anda cuti.

Selain cara-cara di atas, Anda bebas mengambil strategi sendiri untuk mengurangi kejenuhan dalam bekerja. Sebab cara di atas bukanlah paten dan sama untuk setiap orang. Intinya, apapun hal yang membuat Anda makin senang, bersemangat, dan betah dengan kerja Anda, itulah yang harus Anda upayakan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *