Cara Mudah Membuat Artikel Unik Untuk Update Blog

Bagi yang tidak terbiasa, membuat artikel unik untuk update blog alias artikel bukan hasil copy paste milik orang lain memang agak sulit. Terlebih jika pikiran dan perasaan sedang bad mood, tentu semakin sulit. Diantara banyak hal yang dirasa sulit dalam membuat artikel unik adalah bagaimana menentukan sebuah ide untuk dituangkan dalam bentuk tulisan.Mau Menulis Apa

Adakah cara mudah membuat artikel unik ?

Ada. Berdasarkan pengalaman dari para senior dan sudah banyak yang membuktikan, membuat artikel unik sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit kreatifitas dan imajinasi. Caranya dengan menggunakan ide orang lain. Atau bisa lebih dikenal dengan istilah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Pertama ; Amati

Cari artikel – artikel bermanfaat yang banyak bertebaran di internet. Bisa apa saja yang penting bermanfaat. Kalau kita menginginkan artikel yang lebih spesifik dalam satu bidang atau satu kategori, kita bisa mengkhususkan pencarian pada artikel kategori tersebut, misalnya artikel tentang teknologi, gadget, ekonomi, kesehatan, tips dan trik, atau yang lain.Google Search

Kedua ; Tiru

Setelah artikel tersebut kita dapatkan, copy paste artikel tersebut ke notepad, office word atau media penulisan lain dalam keadaan utuh. Kalau tidak ingin dua kali kerja, kita bisa mengcopynya langsung ke halaman posting blog. Lalu kita kasih tanda untuk menunjukkan bahwa artikel tersebut adalah artikel orang lain yang dicopy dan masih utuh. Bisa dengan merubah warna huruf menjadi merah, dibold, atau dengan merubah font (jenis huruf) pada artikel tersebut.

Ketiga ; Modifikasi

Baca dengan teliti isi artikel tersebut. Kemudian tulis ulang dengan menggunakan bahasa kita sendiri tanpa merubah isi dan maksud dari artikel tersebut. Untuk lebih memudahkan, kita bisa memodifikasi artikel tersebut per paragraf. Pada tahap ini, biarkan pikiran kita ikut berinovasi dan berimajinasi. Dengan begitu, kita bisa membuat artikel modifikasi ini bahkan tak mungkin memiliki jumlah kata yang lebih banyak dari aslinya.Menulis Ulang

Mari kita lihat contohnya

Berikut adalah salah satu paragraf artikel yang dicopy dari salah satu web tentang Cara Mengendalikan Rasa Cemburu yang sudah saya kasih tanda merah dan bold untuk menunjukkan bahwa artikel tersebut masih copy-an utuh.

Perhatikan ketika Anda merasa cemburu
Jangan mengelak saat Anda sedang merasa cemburu. Akui perasaan tersebut dan tanyakan pada diri Anda, apa yang menyebabkan kecemburuan tersebut.

Kemudian, saya buat modifikasi unik menggunakan bahasa saya sendiri tanpa merubah isi dan maksud artikel aslinya.

Intropeksi diri, mengapa Anda cemburu
Ketika hati Anda diliputi perasaan cemburu, yang pertama perlu Anda lakukan adalah bertanya pada diri sendiri mengapa Anda cemburu. Jangan langsung mencari kesalahan pada orang lain terlebih kepada pacar Anda karena bisa jadi kecemburuan Anda adalah karena kesalahan Anda sendiri. Anda terlalu sensitif, Anda terlalu protectif. Atau mungkin Anda sebenarnya ingin menutupi kesalahan Anda dengan pura-pura cemburu, seolah-olah Anda sayang dan cinta mati sama dia, padahal sebenarnya Anda tidak cemburu.

Ternyata dengan sedikit kreatif, satu paragraf bisa selesai dimodifikasi menjadi sangat berbeda dengan aslinya. Jumlah dan kalimatnya juga menjadi lebih banyak. Kalau ini dilakukan pada satu artikel, itu berarti kita berhasil membuat sebuah artikel unik hasil karya sendiri. Mudah bukan ?

Biar semakin jelas, silahkan lihat video bagaimana saya membuat artikel unik kurang dari satu jam.

Selamat mencoba cara mudah membuat artikel unik !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

10 Comments
  1. 2 years ago
    Imam

    thanks infonya gan! sesekali berkunjung ke blog saya gan!

    Reply
    • 2 years ago
      Fatchur sag

      Insyaallah

      Reply
  2. 2 years ago
    tami

    Mau tanya kalo nulis artikel apa harus di laptop .? Di hp android bisa gk?

    Reply
    • 2 years ago
      Fatchur sag

      gak harus di laptop, pake apapun yang penting bisa buat nulis.

      Reply
  3. 2 years ago
    oding

    Tq infonya sangat bermanfaat

    Reply
  4. 2 years ago
    ratri

    cocok nich tutorialnya, bisa untuk menambah artikel di toko online saya ketika gak punya ide..

    Reply
  5. 1 year ago
    afri

    tq bro atas ilmunya…baru saya tau caranya tulis yang simple macam ini…

    Reply
  6. 4 months ago
    Irina Ramirez

    insya Allah membantu

    Reply
  7. 4 months ago
    Irina Ramirez

    insya Allah membantu sangat. rupanya begini

    Reply
  8. 16 hours ago
    kinan

    keren gan lanjutkan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *