Cara Paling Aman Menghindari Gigitan Nyamuk Saat Tidur

Semua orang ingin merasakan tidur nyenyak dan nikmat agar di saat bangun tubuh dan otak kembali segar. Sudah pasti, untuk mendapatkan tidur berkualitas semacam itu, segala gangguan harus bisa disingkirkan atau dihindari. Salah satu yang sering menjadi pengganggu tidur adalah makhluk kecil bernama nyamuk. Ya, nyamuk memang paling suka menggigit orang yang sedang tidur dikarenakan lebih bebas dan leluasa tanpa takut ‘digeplak’. Bila sudah begitu, bisa dipastikan tidur akan terganggu. Sedikit sedikit terbangun, sedikit sedikit terusik rasa gatal. Tidur pun menjadi tidak nikmat. Bila sudah begitu,┬ápenting untuk mengetahui cara menghindari gigitan nyamuk yang aman dan tak mengganggu kesehatan.

Digigit Nyamuk

 

Bagaimana cara aman menghindari gigitan nyamuk saat tidur?

Ada banyak cara dilakukan agar terhindar dari gigitan nyamuk saat tidur. Yang paling banyak adalah menggunakan obat anti nyamuk, mulai dari obat nyamuk bakar, obat nyamuk oles, obat nyamuk elektrik, obat nyamuk semprot atau memburu nyamuk dengan raket listrik sebelum tidur.

Nyamuk memang tak mau mendekat dan tak menggigit untuk sementara waktu. Namun perlu diketahui, di saat yang sama Anda tidak benar-benar bebas sama sekali dari hal yang berbahaya, yaitu obat nyamuk itu sendiri. Apapun mereknya, prinsip obat nyamuk adalah berbahan racun seperti:

  • Dichlorovynil dimethyl phosfar atau DDVP (senyawa turunan dari chlorine),
  • Propoxur (senyawa karbamat dan methyl-i-socyanat). Methyl-i-socyanat adalah racun berbahaya. Jika terhirup maupun terserap tubuh dapat mengaburkan penglihatan, keringat berlebihan, pusing, sakit kepala, dan badan lemah. Racun ini pernah menjadi biang keladi meninggalnya ratusan ribu orang yang ada di Bhopal India pada Desember 1984 setelah pabrik kimia milik Union Carbide meledak.
  • Lalu Diethyltoluamide atau DEET. Bersifat korosif yang dapat mengikis lapisan pada besi. Bisa dibayangkan bagaimana kalau zat ini terserap dalam tubuh manusia secara terus menerus.

Bila semua obat nyamuk tidak aman bagi kesehatan, cara terbaik dan aman menghindari gigitan nyamuk saat tidur adalah ‘back to nature’ atau kembali ke alam. Hindari penggunaan obat nyamuk berbahaya dan gunakan cara alami yang lebih aman. Seperti yang banyak dilakukan para orang tua kita terdahulu, mereka memasang kelambu anti nyamuk di tempat tidur. Mereka juga membudidayakan tanaman pengusir nyamuk seperti serai, selasih dan suren di sekitar rumah.

Intinya, pada saat tidur harus ada penghalang antara kulit kita dan nyamuk sehingga apapun usaha yang dilakukan nyamuk untuk menggigit tidak akan berhasil.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 10 months ago
    Belajar Bahasa Inggris

    Makasih ya min atas infonya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *