Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Makan Buah Nangka Tiap hari

Meski memiliki rasa yang lezat, masih ada sebagian orang yang takut untuk makan buah nangka. Mereka percaya bahwa buah nangka bisa menyebabkan petaka dan mendatangkan hal-hal buruk. Terlebih bagi wanita yang sedang hamil.

Mereka khawatir kalau makan buah nangka bisa membahayakan kehamilan dan menyebabkan keguguran sehingga lebih memilih untuk menjauhi. Benarkah makan buah nangka berbahaya?

Buah nangka tentu sudah tidak asing lagi bagi bagi kita. Buah dengan warna daging berwarna kuning ini memiliki aroma dan rasa yang sangat lezat. Tidak hanya di Indonesia, makan buah nangka juga menjadi salah satu buah kegemaran di banyak negara seperti India, Bangladesh, Sri Langka, Malaysia dan Thailand.

Tidak hanya buahnya, hampir seluruh bagian pohon nangka bisa dimanfaatkan.

Batang pohonnya sangat berkualitas. Sangat bagus digunakan untuk bahan bangunan dan perkakas. Daunnya bagus sebagai makanan ternak. Getahnya bisa dimanfaatkan buah perangkap burung. Bakal buahnya atau babal sering digunakan sebagai obat diare. Buahnya yang masih muda atau gori lezat dimasak sebagai sayur seperti gudeg Jogja atau megono Pekalongan. Dan tak ketinggalan tentu buah yang masak, namanya buah nangka. Bisa langsung dimakan atau diolah dulu menjadi berbagai olahan.

Selain manfaat buah nangka di atas, ada banyak lagi alasan mengapa buah ini begitu penting untuk dikonsumsi.

Inilah alasan-alasan lain yang membuat Anda harus makan buah nangka tiap hari.

1. Aroma buahnya sangat menggoda

Aroma buah nangka memang tidak setajam bau buah durian yang konon bisa langsung bikin klepek-klepek alias pusing kepala bagi sebagian orang. Buah nangka beraroma sangat lembut, tidak akan tercium dari kejauhan. Namun begitu mendekat Anda akan dijamin tergoda saat mencium aroma buahnya.

Aroma buah nangka juga akan tercium sangat menggoda saat dijadikan bahan campuran pada olahan makanan lain, seperti saat dicampur pada jenang, kolak, atau pada es campur.

2. Warna buahnya mengundang selera

Warna buah nangka juga jadi salah satu alasan mengapa Anda harus mencicipi dan memakannya. Daging buah nangka segar dan sudah masak memiliki warna kuning cerah, mengkilap indah.

Kalau Anda belum pernah membelah buah nangka dan melihat daging buahnya secara langsung, Anda bisa melihatnya di berbagai pasar buah baik tradisional maupun modern. Anda akan tahu bagaimana tampilan buah nangka segar yang dijajakan para penjualnya. Sangat indah dan menggoda.

3. Rasanya legit dan unik

Sebenarnya agak susah menggambarkan secara pas bagaimana rasa buah nangka karena rasanya memang lezat dan unik. Daging buah nangka berasa manis tapi tidak terlalu manis. Seperti paduan antara rasa manis, asin dan gurih dalam porsi yang sangat pas.

Karena kelezatan rasanya pula, buah nangka sering dijadikan bahan campuran pada berbagai makanan dan minuman. Meski dalam jumlah sedikit, buah nangka mampu mempengaruhi dan menambah kelezatan makanan yang lain.

Coba buktikan sendiri. Belilah es campur atau sup buah yang ada buah nangkanya. Lalu rasakan bedanya dengan yang tidak menggunakan campuran buah nangka. Anda pasti langsung bisa memberi nilai mana yang lebih lezat.

4. Kandungan gizinya berlimpah

Inilah alasan paling utama mengapa buah nangka sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari, kandungan gizinya sangat melimpah.

Kandungan gizi buah nangka meliputi karbohidrat, serat, protein, omega-3, omega-6, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan berbagai kandungan mineral penting seperti zat besi, kalium, kalsium, seng, fosfor, magnesium dan lainnya.

Nutrisi-nutrisi di atas adalah nutrisi yang sangat penting dan berguna bagi tubuh. Selain meningkatkan kesehatan juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Kandungan zat besi buah nangka membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah anemia.
  • Kandungan kalium buah nangka bermanfaat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
  • Bisa digunakan untuk mengobati penyakit asma. Yaitu dengan merebus ekstrak nangka dicampur dengan akarnya.
  • Nangka memiliki kandungan kalsium, fosfor dan magnesium. Ketiganya adalah unsur penting dalam pembentukan tulang serta menjaga kesehatan tulang dari berbagai masalah seperti osteoporosis.
  • Memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup besar. Kolaborasi keduanya menghasilkan manfaat luar biasa seperti melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri, melawan sel kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga mata tetap sehat.
  • Kandungan vitamin C buah nangka efektif melawan sel-sel kanker. Yang artinya mengkonsumsi buah nangka sama dengan melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker.
  • Buah nangka tidak memiliki kandungan lemak jenuh sehingga tidak khawatir terkena kolesterol bila mengkonsumsinya. Rasa manis buah nangka dihasilkan secara alami, yaitu sukrosa dan fruktosa. Karena itu makan buah nangka bisa menjadi sumber energi.
  • Kandungan serat buah nangka terbilang tinggi. Membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Melihat besarnya manfaat buah nangka yang bisa didapat, hampir tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk takut makan buah nangka. Terkecuali bila memang ada anjuran dari dokter atau petugas yang menangani kesehatan Anda untuk menjauhi mengkonsumsi buah nangka.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *