Inilah Berbagai Gejala Gagal Jantung

Berbagai gejala gagal jantung merupakan artikel selanjutnya setelah saya bahas beberapa waktu yang lalu yaitu Pengertian dan Penyebab Gagal Jantung.

Berikut ini adalah tanda-tanda gagal jantung atau gejala-gejala gagal jantung yang harus kita waspadai.

  • Sesak napas. Keberadaan kondisi jantung yang sangat lemah mengakibatkan adanya banyak timbunan cairan di paru-paru. Dengan kondisi ini penderita akan mudah mengalami sesak napas bahkan akan merasa kesulitan untuk bernapas ketika dalam keadaan istirahat ataupun berbaring di tempat tidur. Yang lebih berbahaya lagi Kongesti paru-paru juga bisa menyebabkan penderita mengalami penyakit berupa batuk kering atau mengi.

Sesak Nafas

  • Sering buang air kecil. Penderita gagal jantung akan mengalami gejala gagal jantung berupa sering buang air kecil. Keberadaan jantung yang lemah hanya mampu memompa sedikit darah ke ginjal dan bisa menyebabkan adanya timbunan cairan sehingga mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada kaki, pada pergelangan kaki dan juga pembengkakan pada perut yang disebut dengan Edema serta mengalami peningkatan berat badan. Dalam kondisi seperti ini akan menjadikan penderita sering mengalami buang air kecil pada waktu malam hari dikarenakan tubuh berusaha mengeluarkan cairan yang berlebih pada ginjal. Sedangkan kondisi perut yang kembung akan menyebabkan nafsu makan menjadi hilang serta mengalami mual-mual.
  • Sering mengalami pusing, merasa lelah dan juga lemas. Gejala gagal jantung yang berikutnya adalah penderita akan mengalami pusing, selalu merasa kelelahan dan badan selalu terasa lemas. Hal ini disebabkan karena organ vital serta otot mengalami kekurangan asupan darah yang mengakibatkan kondisi tubuh akan merasa lemas dan merasa kelelahan. Sementara itu karena kekurangan darah yang mengalir ke otak akan mengakibatkan penderita merasa pusing-pusing atau kebingungan.
  • Detak jantung tidak teratur dan sangat cepat. Merupakan gejala gagal jantung yang harus kita waspadai yaitu ketika jantung berdetak lebih cepat dari biasanya dan detak jantung tidak teratur. Hal ini disebabkan karena jantung membutuhkan energi lebih untuk memompa cukup darak ke seluruh tubuh yang mengakibatkan detak jantung lebih cepat dan tidak teratur.

Itulah beberapa gejala gagal jantung yang harus kita ketahui sedini mungkin, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 3 days ago
    mas dani

    point 2 yang sering saya alami, dan saya juga merasa jantung saya lemah, lalu apakah ada hal yg bisa di lakukan supaya jantung tidak lemah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *