Inilah Pilihan Tepat Makanan Sehat Untuk Bayi Sesuai Usianya

Mengatur makanan sehat untuk bayi terutama bagi anda yang baru pertama kali memiliki anak mungkin akan sedikit bingung. Namun dengan beberapa pedoman anda bisa mengaplikasikan cara yang mudah untuk mengatur pemberian makanan tambahan pendamping ASI untuk anak-anak sesuai dengan rentang usianya.

Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi Sesuai Usianya

Usia yang tepat bagi bayi untuk mendapatkan makanan pendamping ASI adalah pada saat memasuki usia 7 bulan dengan pemberian tingkat kekasaran makanan secara bertahap. Tentu anda tidak bisa sembarangan dalam memberikan makanan sehat untuk bayi karena berkaitan dengan sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuhnya yang masih dalam proses perkembangan.

Berikut jenis makanan sehat untuk bayi yang bisa diberikan sesuai usianya :

  • Bayi 7-8 bulan diberikan 2-3 kali sehari dengan porsi 2-3 sendok makan. Makanan bisa berupa bubur saring atau tim
  • Bayi 9-10 bulan bisa 3-4 kali dalam sehari menggunakan porsi 100-120 ml berupa makanan lembut yang lebih padat atau nasi tim saring
  • Bayi 12 bulan 3-4 kali sehari bisa juga ditambah dengan camilan 2 kali sehari sebanyak 200-250 ml. Bisa diberikan makanan keluarga yang dihaluskan seperlunya

Tips Membuat Makanan Sehat Untuk Bayi Sesuai Usianya

Salah satu trik utama dalam memberikan makanan sehat untuk bayi adalah membuat variasi makanan. Tujuannya agar mereka tidak bosan dan bisa belajar mencoba berbagai macam rasa. Kreasi tersebut juga akan membuat mereka penasaran untuk menikmati rasa makanan sehatnya. Berikut beberapa tips yang perlu anda perhatikan :

  • Membuat puding buah untuk bayi bisa ditambahkan susu formula yang biasa dikonsumsi bayi
  • Jika anda ingin menggunakan kentang dalam bubur pastikan anda merendamnya setelah dikupas agar warnanya tidak berubah
  • Penggunaan tomat sebaiknya direndam dalam air panas terlebih dahulu sebelum dicampurkan. Selain tomatnya akan lebih lunak juga akan meningkatkan kandungan licopene di dalamnya

Dengan mengaplikasikan setiap bahan dengan cara yang tepat maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari makanan sehat untuk bayi untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *