9 Kandungan Gizi Buah Nangka Yang Sangat Penting

Kandungan gizi buah nangka – Nangka, siapa tak kenal dengan nama satu ini. Nangka adalah nama sebuah pohon dan juga buahnya. Tanaman yang diyakini berasal dari India ini banyak tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara. Tak terkecuali Indonesia.

Dari segi pemanfaatannya, hampir seluruh bagian pohon nangka bisa dimanfaatkan.

  • Kayunya memiliki kualitas sangat baik untuk digunakan sebagai bahan bangunan dan pekakas rumah tangga. Selain keras dan kuat, kayu pohon nangka juga sangat awet dan tidak mudah lapuk karena jamur atau dimakan serangga. Begitu pula dengan teksturnya, kayu pohon nangka memiliki pola yang cukup menarik. Mudah dikerjakan dan dikilapkan hanya dengan digosok menggunakan minyak.
  • Daun-daunnya sangat digemari berbagai jenis ternak herbivora seperti kambing, kerbau, sapi dan kuda.
  • Kulit batang pohonnya bisa digunakan sebagai bahan tali karena sangat berserat. Konon di jaman dahulu, kulit batang pohon nangka digunakan sebagai pakaian.
  • Getahnya bisa dimanfaatkan untuk menambal perahu dan sebagai perangkap menangkap burung.
  • Buah nangka yang masih muda biasa digunakan sebagai bahan sayuran dengan berbagai olahan. Yang paling terkenal tentu diolah menjadi Gudeg, salah satu masakan khas Yogyakarta.
  • Sedangkan buah yang sudah matang dan menguning bisa dikonsumsi langsung. Rasanya sangat lezat, berpadu antara rasa gurih dan manis. Selain itu juga bisa diolah menjadi berbagai macam jenis olahan mulai dari jenang, dodol, kolak, jus, digoreng, selai dan juga bisa dibuat keripik.

Kandungan Gizi Buah Nangka

Tidak hanya pemanfaatannya yang begitu banyak dan bervariasi. Kandungan gizi buah nangka juga tak kalah luar biasa. Anda bisa melihat datanya di bawah ini, yang dikutip dari laman nutritiondata.self.com.

Melihat data di atas dapat Anda lihat kandungan gizi buah nangka yang sangat banyak, seperti:

  1. Karbohidrat
  2. Serat
  3. Omega-3
  4. Omega-6
  5. Vitamin A
  6. Vitamin C
  7. Vitamin B6
  8. Folat, dan
  9. Berbagai jenis mineral seperti kalsium, potassium, phosphor, dan lainnya

Semua kandungan gizi buah nangka di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan. Karena itu, Anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Asal tidak berlebihan, Anda pasti akan mendapatkan manfaatnya.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *