5 Kesalahan Paling Sering Saat Memberi Makanan Pendamping ASI

Pemberian makanan pendamping ASI memang sudah banyak dipahami oleh para orang tua dalam menentukan makanan sehat untuk bayi di usianya. Tetapi ternyata masih ada beberapa kesalahan yang dilakukan tetapi tidak disadari dalam proses pemberian makanan pendamping tersebut. Sehingga perlu adanya pemahaman lebih terutama bagi ibu muda dalam memberikan makanan untuk bayinya.

Kesalahan Paling Kerap Terjadi Saat Memberi Makanan Pendamping ASI

Terkadang dalam memberikan makanan sehat untuk bayi memang sudah menggunakan bahan makanan yang sehat tetapi cara pengolahannya yang salah. Sehingga menjadi kurang maksimal manfaatnya untuk bayi atau malah tidak aman untuk mereka konsumsi.

Berikut beberapa kesalahan pemberian makanan pendamping ASI yang sering dilakukan :

  1. Menu makanan bayi tidak seimbang karena kurangnya variasi makanan yang diberikan, sehingga nutrisinya tidak lengkap
  2. Memberikan anak vitamin tambahan padahal kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dari asupan makanannya sehingga vitaminnya bisa didapatkan secara alami
  3. Dengan alasan anaknya tidak mau makan kemudian digantikan hanya dengan memberikan susu. Kondisi tersebut akan membuat ususnya tidak terangsang untuk berkembang
  4. Memberikan makanan dengan tingkat kepadatan yang tidak sesuai dengan usia bayi bisa berbahaya bagi sistem pencernaannya
  5. Tidak memperhatikan tingkat pemberian susu formula yang sesuai usia bayi karena untuk formula pemula dan lanjutan sebenarnya memiliki kandungan berbeda untuk dicerna oleh sistem pencernaan bayi

Makanan Sehat Untuk Bayi Tidak Perlu Bumbu Tambahan

Untuk membuat makanan bagi bayi secara tepat, aman dan sehat bukan dinilai dari segi rasanya. Tetapi bagaimana kualitas nutrisinya bisa terjaga dengan baik. Bayi sebaiknya menikmati rasa asli dari bahan makanan yang digunakan tanpa menambahkan garam ataupun gula.

Sebenarnya hanya karena selera orang dewasa yang terbiasa dengan makanan bercita rasa tinggi kemudian beranggapan bahwa makanan bayi itu hambar rasanya dan khawatir tidak disukai si bayi.

Penambahan garam bisa membuat tekanan darah pada bayi meningkat, sedangkan gula tentu bisa menyebabkan obesitas dan resiko diabetes dini. Sehingga untuk makanan sehat untuk bayi yang benar-benar aman sebaiknya tidak ditambahkan bumbu apapun.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *