Kesalahan Paling Sering Saat Membuat Oatmeal Instan

“Oatmeal instan memang instan, tapi kesalahan dalam mengolahnya bisa membuat rasa tidak lagi lezat.”

Selain istirahat yang cukup dan berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan teratur merupakan kunci utama memiliki tubuh sehat. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa menjalani hari-hari dengan produktif. Saat pagi hari tiba, sarapan sehat adalah keharusan. Dan bukan rahasia lagi, oatmeal adalah salah satu makanan terbaik dan menyehatkan untuk sarapan pagi. Kandungan folat dan serat asam omega 3 memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan.

Oatmeal bisa dimasak menjadi berbagai olahan masakan yang lezat, mulai bubur oatmeal, omelet oatmeal hingga oatmeal pizza. Tentu saja, semakin variatif olahannya semakin banyak pula waktu yang diperlukan untuk mengubah oatmeal menjadi sajian siap santap.

Bila hal tersebut tidak bisa dilakukan untuk membuat sarapan pagi mengingat waktu yang tersedia tidak begitu banyak, oatmeal instan bisa dipilih sebagai solusi cepat. Tinggal tuang dalam mangkuk lalu tambahkan susu panas secukupnya, sajian oatmeal siap disantap.

Meski oatmeal instan sangat mudah menyajikan dan menjadikannya sebagai sarapan pagi dalam waktu singkat, kesalahan-kesalahan kecil terkadang bisa membuat rasa lezatnya menjadi berkurang. Tidak jarang juga oat instan menjadi sulit dihabiskan.

oatmeal-instan

Berikut kesalahan-kesalahan kecil yang sering dilakukan saat membuat oatmeal instan.

Menambahkan air, bukannya susu

Salah satu keistimewaan oatmeal saat sarapan adalah bisa membuat perut terasa kenyang dalam waktu lama, atau sampai saat makan siang tiba. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan tambahan protein saja seperti susu, susu kedelai tanpa gula, bukan menggunakan air.

Waktu yang kurang pas saat menambahkan oatmeal

Menambahkan oatmeal saat memasak memerlukan perhitungan waktu yang pas untuk mendapatkan kelezatan yang diinginkan. Bagi yang menggunakan microwave, hal ini tidak jadi masalah karena suhu panas dan waktu yang diperlukan bisa diatur secara otomatis.

Namun, bagi yang memasak menggunakan kompor gas, harus diperhatikan waktu yang pas untuk memasukkan oatmeal dalam masakan. Perbedaan waktu bisa menentukan perbedaan hasil masakan. Idealnya, bila Anda ingin rasa creamy, masukkan oatmeal pada susu panas mendidih. Tapi bila ingin tampilan oatnya tidak berubah, lebih baik masukkan oat pada susu yang masih dingin atau sebelum mendidih.

Tidak memberi garam

Oatmeal bisa menjadi masakan lezat karena adanya tambahan perasa. Namun, apapun pilihan rasa yang Anda inginkan, manis, asin atau gurih, satu yang tidak boleh Anda tinggalkan yaitu garam. Beri sedikit garam setelah oat selesai dimasak agar rasa bertambah lezat, tidak hambar.

Membiarkan di atas api tanpa diaduk

Saat dimasak, oat akan menggelembung menjadi besar. Pecahkan gelembung tersebut sebelum menjadi besar dengan cara diaduk terus menerus agar lebih banyak pati yang keluar dan tekstur lebih creamy.

Dengan memperhatikan selalu cara memasak dan menyajikan yang benar, Anda bisa mendapatkan oatmeal instan dengan rasa yang cukup lezat untuk sarapan pagi. Selamat menikmati!

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *