Mau Kerja Merantau? Wow, Ternyata Ini Keuntungan Yang Tidak Semua Orang Tahu

Yang namanya jalan rejeki memang unik. Tak ada yang tahu sebelumnya selain Tuhan. Sebagai manusia, kita hanya wajib untuk ikhtiyar, memilih dan memilah hingga sampai pada batas bahwa Tuhan memberikan rejekinya melalui jalan itu.

Ada orang yang dikaruniai rejeki dengan cara yang mudah. Cukup dengan melakukan pekerjaan ringan di rumah. Tidak pernah meninggalkan keluarga dengan merantau, tidak pernah mengeluarkan keringat sama sekali, bahkan tidak menggunakan skill-skill khusus. Meski begitu rejekinya mengalir sangat lancar, pendapatannya juga besar dan melimpah.

Tapi tak sedikit juga yang jalan rejekinya harus ditempuh melewati batas desa, provinsi, pulau, bahkan melewati batas negara. Di perantauan mereka masih harus berjuang melawan berbagai rintangan berat demi mendapat sejumput rejeki Tuhan agar tetap hidup.

Terlepas bahwa jalan rejeki adalah rahasia Tuhan, kita memang harus mencari. Kemudian menganalisa dengan berbagai macam pertimbangan untuk menemukan mana yang terbaik buat kita.

Antara rejeki yang didapat di daerah sendiri dengan rejeki hasil merantau juga memiliki banyak kesamaan. Sama-sama milik Tuhan. Hanya cara mendapatkannya saja yang berbeda.

Bagi Anda yang dikaruniai jalan rejeki dekat dengan tempat tinggal, Anda harus bersyukur karena Anda punya kesempatan dekat dengan keluarga dan orang – orang tercinta.

Tapi bagi Anda yang harus mencari rejeki hingga ke perantauan jauh dari rumah sendiri dan keluarga, Anda juga harus bersyukur. Anda telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk melihat dunia yang ternyata luasnya tak hanya selebar daun kelor.

Selain itu, hidup dan kerja merantau di negeri orang juga memiliki banyak manfaat dan keuntungan.

1. Membuat Anda lebih mandiri

Tentu, karena dengan kerja merantau Anda harus melakukan segala dan menjalani semua kebutuhan hidup tanpa bantuan keluarga. Belanja sendiri, masak sendiri, makan sendiri, bersih-bersih sendiri, membereskan pekerjaan rumah sendiri. Dengan segala kesendirian yang Anda jalani membuat Anda menjadi orang yang mandiri. Kedepan Anda menjadi lebih sigap dalam melakukan segala hal meski tanpa bantuan orang lain.

2. Terdidik bersosialisasi

Meski segala keperluan pribadi bisa diselesaikan sendiri, Anda tetap membutuhkan orang lain. Saat di rumah Anda mungkin merasa sungkan memulai sebuah percakapan dengan orang yang belum dikenal. Namun saat di perantauan, mau tidak mau Anda harus merubah perilaku dari yang sebelumnya diam menjadi pribadi yang supel agar cepat mendapatkan teman.

3. Soft skill makin berguna

Dengan merantau, kemampuan di luar dunia akademisi atau soft skill menjadi sangat berguna. Anda mungkin tidak pernah belajar cara berkomunikasi dengan orang baru, di perantauan Anda bisa langsung praktek tanpa belajar. Anda tak pernah tahu bagaimana membuat tungku memasak dari batu dan memasak menggunakan kayu bakar. Di perantauan Anda bisa saja melakukan semuanya tanpa harus membuka buku panduan lebih dulu.

Yah, apapun bisa sangat berguna buat Anda agar Anda bisa bertahan hidup.

4. Bisa melihat langsung wujud asli dunia lain

Kalau Anda tidak merantau, Anda tidak akan tahu bagaimana rasanya merantau. Dan bisa jadi karena itu, Anda lalu memandang sebelah mata dengan dunia perantauan.

Di perantauaan Anda akan mengetahui ternyata Tuhan juga menciptakan banyak budaya dan lingkungan yang selama ini tidak pernah Anda jumpai di daerah sendiri.

5. Menjadi pribadi yang penuh tanggung jawab

Saat Anda berpamitan, keluarga melepas Anda dengan sebuah kepercayaan besar. Kelak Anda bisa merasakan bahwa kepercayaan orang-orang tercinta di sekeliling Anda adalah tanggung jawab besar yang harus Anda jaga. Anda bisa melakukan apa saja di perantauan, tapi Anda akan selalu ingat bahwa apa yang Anda lakukan belum tentu bagian dari kepercayaan yang diberikan. Dengan begitu Anda akan menjadi sosok yang sangat bertanggung jawab pada segala hal yang Anda lakukan.

6. Menjadi lebih mudah bersyukur pada setiap nikmat

Segala kemudahan yang didapat saat di rumah sering kali membuat Anda lupa untuk selalu beryukur. Anda menganggapnya hal yang biasa biasa saja. Saat Anda di perantauan, dengan segala perjuangan dan kerepotan yang Anda rasakan, Anda mudah terbayang betapa sebuah kemudahan adalah nikmat yang sangat besar. Dengan begitu Anda akan lebih menghargai hingga setiap detail hal kecil yang berwujud kenikmatan.

7. Kemampuan managemen diri makin meningkat

Ini adalah keuntungan besar yang juga bisa Anda temukan di tanah perantauan. Kemampuan mengelola diri sendiri menjadi lebih baik dan makin meningkat dari sebab kebiasaan Anda mengatur segala sesuatu seorang diri mulai soal kegiatan, pembagian waktu hingga perincian keuangan.

Nah, sekarang jadi tahu kan. Meski kerja merantau memerlukan keyakinan dan keberanian besar hingga tak setiap orang bisa menjalani, ternyata ada banyak sekali hikmah dan keuntungan besar di sebaliknya. Jadi kalau memang ingin kerja merantau, ya merantaulah. Mantapkan pikiran dan hati bahwa nun jauh disana juga ada Tuhan yang akan selalu menjaga, melindungi, merahmati serta memberikan rejeki untuk Anda selama hayat masih di kandung badan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *