Keuntungan Menjalin Hubungan Kerja Yang Baik Dengan Resepsionis di Kantor

Menjalin hubungan kerja yang baik dengan resepsionis di kantor memberi Anda banyak keuntungan.

Pada awalnya memang Anda yang memilih dimana akan bekerja. Anda yang memiliki kebebasan mengajukan permohonan lamaran kerja kemana Anda suka. Namun saat Anda diterima oleh sebuah perusahaan dan mulai bekerja, keadaan akan berubah.

Keberlangsungan Anda di tempat kerja tidak hanya ditentukan oleh Anda sendiri. Anda terkadang harus mengharap uluran tangan orang lain untuk tetap berada di tempat itu. Ada atasan yang menentukan Anda tetap bekerja atau harus resign. Ada juga rekan kerja yang selalu memantau perilaku Anda setiap hari meski tidak secara formal.

Lama waktu berlalu, jabatan dan posisi Anda di kantor boleh saja semakin tinggi. Pada akhirnya etika Anda lah yang akan membuat Anda bernilai dan berharga. Meski posisi Anda lebih tinggi dari rekan kerja yang lain, Anda masih tetap membutuhkan kontribusi mereka untuk menjaga dan membantu Anda mendapatkan jabatan lebih baik lagi di tempat kerja.

Ada banyak orang lain di sekitar tempat Anda bekerja di kantor. Mereka menduduki berbagai posisi kerjanya masing-masing. Kepada mereka Anda harus menjaga hubungan baik dan profesional karena merekalah yang selalu menemani hari-hari Anda di tempat kerja.

Beberapa dari mereka ada yang secara intens Anda jadikan sebagai tempat bercanda, berbagi cerita bahkan juga tempat curhat. Lalu siapa yang harus Anda memprioritaskan menjaga hubungan baik dengannya?

Menurut sebuah penelitian yang dipublish Harvard Bussiness Review, salah satu orang penting dan harus dijaga hubungannya secara profesional di kantor adalah Resepsionis.

Mengapa Resepsionis?

Resepsionis adalah penghubung utama antara orang yang bekerja di dalam kantor dengan orang luar. Siapapun yang datang untuk bertemu dengan karyawan kantor harus melalui orang ini.

Resepsionis memiliki tanggung jawab besar seperti memastikan bahwa orang luar yang ingin bertemu adalah untuk urusan penting. Dia tidak ingin hal-hal di luar kerja mengganggu kinerja para karyawan di dalam.

Karenanya tak mengherankan resepsionis harus menanyakan berbagai hal saat ada tamu datang ingin bertemu. Mulai dari nama, asalnya dari mana, untuk kepentingan apa menemui dan juga memberi lampu hijau apakah sang tamu  bisa bertemu di kantor atau tidak.

Dengan tanggung jawab profesionalnya, wajar jika resepsionis mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan karyawan. Dia tahu Anda di kantor yang sedang bermasalah dalam rumah tangga, Anda sedang dikejar-kejar debt. collector. Bahkan dia juga tahu kalau Anda sedang berselingkuh dengan orang lain.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda menjaga hubungan baik dengan resepsionis, karena dia tahu hal hal yang berhubungan dengan Anda bahkan mungkin sampai yang privacy sekalipun.

Keuntungan lain memiliki hubungan baik dengan resepsionis secara profesional adalah dia akan banyak memberi Anda bantuan perlindungan dari berbagai hal yang mungkin tidak Anda harapkan.

Dia bisa melindungi Anda dari kemarahan atasan saat Anda terlambat datang mengikuti rapat atau terlambat tiba di kantor. Dia juga bisa melindungi Anda dari semprotan istri Anda atas kecurigaannya Anda menjalin hubungan gelap.

Bagaimana menjaga hubungan baik dengan Resepsionis?

Menjalin keakraban dengan resepsionis membuat Anda makin dekat dengannya. Anda bisa memulainya dengan hal – hal kecil seperti mengajak satu meja di kantin saat istirahat siang. Membelikannya segelas kopi atau minuman lain yang jadi kesukaannya.

Anda bisa membicarakan hal – hal ringan baik mengenai pekerjaan maupun di luar kerja. Bila Anda tangkap resepsionis mengetahui Anda sedang memiliki masalah keluarga, berceritalah tentang kondisi keluarga Anda meski tidak 100% agar resepsionis mengerti permasalahan yang asli. Meski begitu Anda tetap harus menjaga martabat keluarga dengan tidak menceritakan hal yang tidak seharusnya diceritakan, seperti urusan ranjang atau kekurangan keluarga Anda.

Bila perbincangan mengarah pada gosip di dalam kantor, sebaiknya Anda tidak terpancing agar tidak jadi bumerang buat Anda.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *