counter 7 makanan berlemak yang baik untuk kesehatan dan dibutuhkan tubuh

Info

Inilah 7 Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan Dan Dibutuhkan Tubuh

on

Bukan rahasia bila lemak sering dianggap musuh. Makanan berlemak dianggap sumber masalah karena bisa menyebabkan berat badan meningkat dan obesitas. Setiap orang berusaha untuk menjauhi baik yang memiliki berat tubuh ideal maupun yang sudah memiliki tubuh gemuk.

Selain melakukan olahraga fisik yang bisa membakar lemak, mereka juga menjauhi berbagai makanan dan minuman yang menjadi sumber lemak seperti susu full cream, jeroan, hati sapi, margarin, gorengan, snack, makanan cepat saji, kuning telur, dan ice cream.

Berbicara soal lemak, sebenarnya tidak semua lemak itu jahat. Ada juga lemak yang baik untuk kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan metabolisme, fungsi kognitif dan menjaga kolesterol baik. Beberapa jenis makanan berlemak baik juga sangat direkomendeasikan untuk selalu dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Berikut adalah 7 makanan berlemak yang baik untuk kesehatan dan dibutuhkan tubuh.

1. Alpukat

Entah dibuat jus atau dimakan langsung, buah hijau ini sangat menyehatkan. Alpukat memiliki kandungan lemak omega-9 yang mampu mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Selain itu kandungan lemak buah alpukat juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung.

2. Sayuran berdaun hijau

Kalau Anda suka mengkonsumsi sayuran yang memiliki daun hijau gelap, berbahagialah karena sayuran tersebut memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Sayuran berdaun hijau seperti kubis, bayam, kale adalah beberapa contoh makanan yang mengandung lemak omega-3, lemak yang berkhasiat melindungi tubuh dari penyakit kanker dan serangan jantung.

3. Cokelat hitam

Meski mengandung lemak, Cokelat hitam atau Dark chocolate adalah makanan yang baik untuk kesehatan. Cokelat ini berwarna coklat tua dan agak sedikit pahit bila dimakan begitu saja karena terbuat dari biji tanaman kakao hingga 60 persen.

Dark chocolate bagus untuk kesehatan jantung, mengontrol gula diabetes, meningkatkan kemampuan otak dan juga menangkal radikal bebas yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh.

4. Butter

Butter adalah salah satu hasil olahan susu yang berbentuk padatan. Kandungan lemaknya sangat tinggi bisa mencapai 84%. Butter yang terbuat dari susu alami adalah salah satu sumber lemak omega-3 dan omega-6. Sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan perkembangan otak anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

5. Biji Chia

Biji chia adalah biji-bijian dari tanaman padang pasir bernama Silvia Hispanica yang berasa hambar, tidak asin, tidak pahit dan tidak manis. Tanaman ini sangat melimpah di negara Mexico.

Selain mengandung karbohidrat, vitamin, serat, protein, kalium, mangan, zat besi, dan yang lain, biji Chia juga mengandung lemak omega 3 sangat tinggi yang bagus untuk pertumbuhan otak dan menurunkan kadar kolesterol.

Meski memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi biji Chia harus ada penambahan air dan tidak boleh berlebihan. Efek sampingnya bisa menyebabkan tenggorokan sakit, perut kembung dan nyeri pada ulu hati.

6. Kuning telur

Kuning telur memiliki banyak kandungan lemak baik. Berkhasiat mencegah dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, kuning telur juga mampu meningkatkan energi secara drastis. Dan karena sifatnya yang alami kuning telur, terutama ayam kampung sangat baik dikonsumsi olahragawan yang memerlukan tenaga ekstra dari pada harus minum minuman energi.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang banyak mengandung lemak, baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh. Kandungan lemak jenuhnya hanya 19 persen sedangkan lemak tak jenuhnya mencapai 81 persen. Karena itu, meski lemak jenuhnya ikut andil meningkatkan kolesterol, namun lemak tak jenuhnya langsung mengontrol menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes.

Kacang-kacangan bisa dimakan dalam bentuk biji utuh seperti kacang rebus dan kacang panggang, atau dimakan dalam bentuk lain seperti selai olesan roti.

Kesimpulannya :

Tidak semua makanan berlemak jadi sumber masalah kesehatan karena tidak sedikit makanan berlemak yang bermanfaat bagi kesehatan dan dibutuhkan tubuh.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *