3 Makanan Dengan Kandungan Nutrisi Sehat untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi makanan yang baik merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh ibu saat sedang mengandung. Kesehatan dan juga perkembangan bayi tergantung pada asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh para ibu saat sedang hamil. Sehingga mencermati dan juga memilih makanan yang baik merupakan hal yang penting agar ibu hamil dan janin selalu sehat.

Saat sedang mengandung, bukan berarti sang ibu harus makan terlalu banyak. Meskipun demikian, tambahan sekitar tiga ratus kalori dibutuhkan bagi ibu hamil. Yaitu setara dengan satu buah pisang atau juga semangkok sereal yang dicampur dengan susu namun rendah lemak.

Makanan Yang mengandung nutrisi sehat untuk ibu hamil

Kebutuhan nutrisi bukan hanya dari satu jenis makanan saja, tetapi juga dari beragam jenis makanan. Kandungan nutrisi tersebut misalnya saja seperti asam folat yang membantu dalam mencegah cacat bawaan, protein dan juga kalsium yang membantu dalam pembentukan jaringan pada janin, baik tubuh maupun tulangnya. Adapun zat besi memberikan bantuan dalam membawa oksigen pada janin, atau membentuk hemoglobin.

Selain harus mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan tertentu yang tidak berbahaya bagi janin, kandungan nutrisi yang ada pada makanan lainnya juga penting.

Berikut makanan dan juga minuman ber nutrisi sehat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan, di antaranya yaitu sebagai berikut ini;

  1. Air putih;

    Air putih adalah minuman yang sering dikonsumsi, atau bisa disebut sebagai minuman pokok. Air putih merupakan pencegah kelahiran yang prematur, konstipasi, infeksi kandung kemih hingga hemoroid sehingga harus dikonsumsi secukupnya. Kurang lebih saat sedang hamil, ibu hamil membutuhkan dua setengah liter air atau setara dengan sepuluh gelas air putih.

  2. Telur, ikan dan daging tanpa lemak;

    Ketiga jenis makanan ini memiliki kandungan protein sehingga penting untuk pertumbuhan janin. Kelompok makanan ini sangat dibutuhkan terutama saat sedang pada masa trimester dua dan juga tiga. Kolin yang ada pada telur memberikan dukungan dalam tumbuh kembang otak dan juga tubuh janin. Sehingga membantu dalam mengurangi resiko khususnya yang berkaitan dengan kecacatan pada tabung saraf.

  3. Kacang-kacangan;

    Kacang-kacangan memiliki peranan dalam mencukupi kebutuhan ibu yang sedang hamil, yaitu serat yang baik dalam mencegah konstipasi dan juga wasir. Kacang-kacangan juga memiliki kekayaan dari zat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin.

Selain yang di atas, makanan yang baik untuk ibu hamil juga seperti kandungan karbohidrat yang cukup serta suplemen dan juga susu untuk ibu hamil.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *