Memisahkan Makanan Sehat Ibu Hamil dan Larangannya

Mungkin Anda sering mendengar berbagai larangan bagi ibu hamil yang berbeda-beda di setiap daerahnya, termasuk berbagai makanan sehat ibu hamil yang sebaiknya dikonsumsi. Tetapi untuk dapat memilahnya secara tepat ibu hamil harus memperhatikan kandungan dan berapa jumlah yang dikonsumsi. Sehingga manfaatnya bisa didapatkan dan tidak menyebabkan efek samping baik bagi ibu maupun janin.

Makanan Sehat Ibu Hamil yang Harus Dikonsumsi

Ada berbagai jenis makanan sehat ibu hamil yang memang bisa dikonsumsi setiap harinya. Tetapi dari pilihan – pilihan tersebut ibu hamil bisa mendapatkan manfaat lebih jika memperhatikan jenis-jenis makanan yang memang disarankan untuk dikonsumsi. Makanan-makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

  • Tidak hanya memberikan asupan vitamin tetapi konsumsi buah-buahan bisa mengatasi masalah sembelit yang seringkali dialami oleh ibu hamil
  • Ikan salmon karena kandungan omega 3 yang tinggi tetapi sedikit mengandung merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi
  • Produk olahan susu tanpa lemak untuk memenuhi kebutuhan protein bagi ibu hamil dan pertumbuhan sel janin
  • Roti gandum akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan tidak terlalu banyak memberikan glukosa pada tubuh ibu hamil

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Memaksimalkan Makanan Sehat Ibu Hamil

Selain makanan-makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, ada juga beberapa jenis makanan perlu dihindari oleh ibu hamil karena berbagai resikonya. Dengan memperhatikan jenis makanan tersebut maka kehamilan akan terhindar dari efek samping kurang baik dari makanan tersebut.

Berikut makanan yang perlu dihindari adalah :

  • Makanan apapun yang dikonsumsi dalam keadaan mentah akan meningkatkan kemungkinan adanya bakteri di dalamnya dan bisa masuk ke dalam tubuh ibu kemudian mempengaruhi janin
  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi susu murni atau minuman yang belum dipasteurisasi karena dikhawatirkan masih terdapat mikroorganisme di dalamnya
  • Jangan mengkonsumsi jamu tradisional karena meskipun menggunakan bahan-bahan alami tetapi belum tentu kebersihan dan kandungan yang belum teruji.

Kesimpulannya : Sehingga berhati-hati dalam memilah makanan sehat ibu hamil adalah hal yang penting untuk diperhatikan demi memaksimalkan kesehatan ibu dan janin.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 8 months ago
    arti mimpi hamil

    apakah buah nangka boleh dikonsumsi ibu hamil muda?
    ada yg bilang boleh, ada yang bilang ga boleh, bingung, dok

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *