Menu Makanan Sehat Untuk Anak Saat Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam

Meski penting bagi anak untuk banyak mengkonsumsi menu makanan sehat, yang sering terjadi kadang sebaliknya. Anak-anak seringkali susah makan. Mereka lebih suka makan makanan yang kurang baik bagi kesehatannya, seperti jajanan pinggir jalan, junk food dan produk makanan kemasan.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian tersendiri bagi orang tua, karena makanan sehat sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Untuk itu, orang tua perlu memutar otak supaya anak – anak tetap mau makan dengan menu makanan sehat untuk anak. Tujuannya agar anak-anak tetap mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya baik tubuh maupun otaknya.

Rekomendasi makanan sehat untuk anak

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi menu makanan sehat untuk anak yang pastinya menarik dan membuat anak-anak tertarik untuk memakannya. Rekomendasi ini dibagi menjadi 3 jenis sesuai dengan pola makan anak yaitu sarapan, makan siang, dan juga makan malam.

Sarapan

Makan pagi sangat penting karena sebagai bekal anak melakukan aktivitasnya yang aktif di pagi hingga siang hari. Menu sarapan yang baik untuk anak – anak adalah yang mengandung protein dan karbohidrat.

Menu sarapan menarik untuk anak-anak diantaranya:

  • Nasi dengan orak arik telur dan sayuran yang berwarna warni (warna-warna cerah yang bisa didapat secara alami dari sayuran seperti wortel) atau bisa juga dengan omelet sayur dengan bentuk yang unik.
  • Untuk nasi putih juga bisa diganti dengan nasi merah.
  • Menu lainnya bisa dengan spageti goreng yang disisipi sayuran, atau bisa juga dengan roti gandum isi sayuran dan telur dadar.

Makan siang

Makan siang yang ideal adalah menu makanan yang mengandung asupan kalori, vitamin, dan mineral yang cukup.

Untuk menu makan siang diantarannya :

  • Nasi dengan sayur bayam bening yang juga dilengkapi dengan ayam tempe atau tahu,
  • Burger homemade dengan kentang dan sayuran yang dikukus, dan
  • Jangan lupa berikan buah untuk makanan penutup.

Makan Malam

Makan malam pada anak-anak bisa mengikuti menu makan orang tua mereka. Momen makan malam merupakan momen yang cukup baik untuk membangun hubungan yang baik dengan anak dan orang tua.

Maka dari itu, menu makan malam walaupun cukup bebas haruslah tetap dijaga nilai kandungan gizi dan higienitasnya. Berikan pula susu sebelum anak tidur untuk tumbuh kembangnya agar lebih optimal.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *