Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Trimester Kedua Dan Trimester Ketiga

Makanan untuk ibu hamil harus selalu diperhatikan sedetail mungkin. Hal ini dikarenakan seorang ibu hamil sangat membutuhkan asupan makanan bergizi karena akan sangat mempengaruhi kesehatan sang ibu dan janinnya.

Semua makanan yang dikonsumsi oleh seorang wanita yang sedang hamil harus memiliki kandungan gizi yang seimbang. Maksud dari gizi yang seimbang ialah semua makanan yang dimakan oleh ibu hamil harus mampu untuk memenuhi kebutuhan gizi sang ibu dan calon cabang bayi selama masa kehamilan. Semua makanan harus seimbang dari segi kualitas serta kuantitasnya.

Berikut makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang sehat dan kaya nutrisi

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini dikarenakan dalam bayam mengandung banyak asam folat yang sangat dibutuhkan pada masa awal kehamilan. Asam folat sangat berguna untuk membantu pencegahan cacat lahir pada sumsum tulang belakang dan otak janin (cacat tabung saraf). Bukan hanya itu saja, bayam juga kaya akan kandungan serat, besi, mangan, vitamin A, C, serta K.

  • Kacang-kacangan

Makanan untuk ibu hamil selanjutnya ialah kacang-kacangan. Kacang-kacangan kaya akan kandungan serat, asam folat, zat besi dan protein sehingga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

Sembelit pada wanita hamil sangat wajar terjadi. Hal ini dikarenakan adanya tekanan pada rahim yang makin hari makin membesar. Selain itu juga karena hormon progesteron yang melambatkan proses gerakan pencernaan, serta karena suplemen zat besi yang dikonsumsi.

  • Pisang

Yang terakhir ada buah pisang, yaitu buah yang sangat bagus jika dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Ini dikarenakan buah pisang bisa mengurangi rasa mual yang biasanya akan dialami oleh hampir semua wanita hamil di dunia.

Dalam buah pisang terkandung vitamin B6 yang sangat tinggi dan sangat ampuh untuk mengatasi morning sickness. Rasa mual seperti morning sickness pada ibu hamil biasanya akan dirasakan pada 3 bulan pertama. Selain vitamin B6, pisang juga kaya akan kandungan asam folat, potasium, serat, san vitamin C sehingga pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk ibu hamil.

Makanan untuk ibu hamil trimester kedua

Makanan untuk ibu hamil trimester kedua tidak jauh berbeda dengan makanan ibu hamil pada trimester pertama yaitu makanan yang mengandung kurang lebih 2000 kalori per harinya. Sebagai informasi tambahan untuk anda, maksud dari trimester pertama dan kedua ialah usia kehamilan yang memasuki enam bulan atau sering dikatakan sebagai hamil muda. Seorang ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 35 % kalori dari lemak, 10 % kalori dari protein, dan 55 % kalori dari karbohidrat.

Untuk menjaga kesehatan bayi dan ibu maka semua jenis makanan ini harus menjadi asupan makanan ibu hamil setiap harinya. Hal ini akan membantu menjaga tumbuh kembang janin dalam usia kandungan serta membantu mempersiapkan pertumbuhan bayi hingga ia terlahir ke dunia

Berikut 2 makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada usia kehamilan trimester kedua, baik hamil muda maupun hamil tua.

  • Alpukat

Makanan untuk ibu hamil trimester kedua yang pertama ialah alpukat. Buah-buahan yang satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh semua wanita hamil pada usia kehamilan trimester kedua. Hal ini dikarenakan buah alpukat kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin B6, serat, asam folat, serta kalium. Bahkan buah alpukat juga sangat kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang merupakan lemak baik yang sangat berguna bagi tubuh untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung.

Alpukat juga sangat berguna untuk membantu menghilangkan morning sickness pada ibu hamil serta mampu membantu proses paertumbuhan jaringan serta otak janin dalam kandungan.

  • Telur

Makanan untuk ibu hamil trimester kedua yang berikutnya ialah telur. Telur juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena pada kuning telur terdapat kandungan kolin, yaitu sebuah nutrisi yang sangat penting yang membantu proses perkembangan otak pada janin atau cabang bayi. Selain itu kandungan kolin tersebut juga berguna untuk meningkatkan otak ibu hamil sendiri.

Seorang ibu hamil harus menerima asupan kolin sekitar 450 mg setiap harinya. Selain telur ada sumber makanan sehat lainnya yang juga mengandung kolin yaitu kacang kedelai, susu dan daging sapi.

Makanan untuk ibu hamil trimester ketiga

Makanan untuk ibu hamil tidak hanya diperhatikan pada trimester pertama dan kedua saja. Namun juga harus selalu diperhatikan hingga trimester ketiga. Bahkan pada usia kandungan inilah anda para calon orang tua harus lebih berekstra hati-hati dalam memperhatikan asupan makanan ibu hamil.

Pastikan ibu hamil hanya memakan makanan sehat dan kaya nutrisi saja serta hindari semua jenis makanan berbahaya yang berpotensi menganggu kesehatan sang ibu dan janin dalam kandungan.

Pada usia kandungan memasuki 3 bulan terakhir kehamilan atau biasa disebut pada trimester ketiga kehamilan, seorang ibu hamil harus menerima asupan kalori tambahan sekitar 200 kalori setiap harinya. Pada trimester ketiga ini seorang ibu hamil harus mengonsumsi sekitar 2200 kalori setiap harinya. Bagi anda para ibu hamil pastikan anda telah memberi asupan tubuh anda dengan sumber makanan yang memiliki kandungan yang mampu memenuhi kebutuhan kalori anda.

Berikut beberapa sumber makanan yang bisa anda konsumsi pada trimester ketiga.

  • Lemak ikan

Makanan untuk ibu hamil pada trimester ketiga yang pertama akan diulas ialah lemak ikan. Lemak ikan laut sangat kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta menguatkan kesehatan otak janin. Anda busa mengonsumsi 12 ons ikan laut per minggunya, dan hal ini masih dianggap aman untuk dilakukan ibu hamil.

  • Pepaya

Makanan untuk ibu hamil berikutnya ialah buah pepaya. Buah pepaya ialah buah-buahan tropis yang memiliki kandungan asam folat, serat, potasium, serta vitamin C yang sangat tinggi. Semua kandungan yang ada dalam buah pepaya sangat baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil serta janin yang masih dalam kandungan.

Salah satu hal yang berefek langsung pada ibu hamil dari mengonsumsi buah pepaya ialah teratasinya sembelit. Satu pantangan dari memakan pepaya untuk wanita hamil yaitu pantangan memakan buah pepaya yang mentah. Hal ini dikarenakan pepaya mentah mengandung pepsin dalam getahnya yang bisa memicu terjadinya kontraksi pada ibu hamil.

Itulah beberapa jenis makanan untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi menurut perkembangan trimester. Dengan selalu memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, ibu hamil akan lebih terjaga kesehatannya serta kesehatan janinnya. Hingga saat sudah tiba waktunya, bayi akan lahir dalam kondisi normal dan dalam keadaan sehat wal afiyat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *