Selain Membakar Lemak, Berikut Manfaat Berkeringat Untuk Kesehatan

Entah apa yang menjadi aktifitas Anda, kalau Anda bisa mengeluarkan keringat itu sangat baik. Mungkin Anda merasa biasa saja dengan hal tersebut, padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan tubuh bisa berkeringat.

Selama ini manfaat berkeringat yang paling diketahui banyak orang hanya sebatas pembakaran lemak untuk menurunkan berat badan, dan mendinginkan suhu tubuh yang panas akibat pengaruh aktifitas fisik dan cuaca. Padahal, masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dengan tubuh mengeluarkan keringat.

Mengurangi rasa nyeri

Salah satu obat alami untuk menghilangkan rasa sakit dan stress adalah endorfin. Menurut wikihow.com, olahraga yang mengeluarkan keringat adalah salah satu cara untuk meningkatkan produksi zat endorfin seperti lari, basket, berenang, joging, sepakbola dan yang lain.

Sembuhkan jerawat

Jerawat timbul karena beberapa faktor, diantaranya karena debu dan kotoran yang terakumulasi dalam pori-pori kulit karena jarang dibersihkan.

Dengan melakukan aktifitas fisik dan berkeringat pori – pori akan terbuka dan memudahkan melepas kotoran. Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah setelah olahraga yang berkeringat agar kotoran yang menempel benar-benar hilang.

Mengurangi stres

Sebagaimana di atas, olahraga adalah salah satu cara meningkatkan produksi endorfin yang bermanfaat memperbaiki mood dan mengurangi rasa stress. Ketika kemudian tubuh bisa mengeluarkan keringat karena berolahraga, suhu tubuh akan naik dan sirkuit saraf di area otak yang sensitif terhadap suhu akan menyala. Efek yang timbul adalah rasa nyaman dan bahagia.

Mencegah terjadi infeksi

Dari salah satu penelitian yang dilakukan Universitas Tübingen Jerman terungkap bahwa keringat manusia mengandung protein dan antimikroba yang bersifat natural bernama dermcidin. Dermcidin memiliki kemampuan menangkal bakteri kuman tuberkulosis.

Mengurangi risiko penyakit batu ginjal

Menurut studi di Universitas Washington, umumnya keringat yang keluar akan membawa garam dan meninggalkan kalsium untuk tetap di dalam tulang.

Bila dibiarkan garam dan kalsium menetap dalam tubuh tanpa dikeluarkan, keduanya akan menuju ke organ ginjal dan mulai mengeras membentuk batu ginjal. Untuk mengantisipasi hal tersebut garam perlu dikeluarkan dari tubuh.

  • Pertama, melalui keringat dengan melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. dan
  • Kedua, memperbanyak minum air putih

Itulah beberapa manfaat tubuh berkeringat yang bisa Anda dapatkan meski Anda tidak menyadarinya. Dan karena itu pula mengapa berkeringat baik buat Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *