Mau Cari Kerja, Jangan Abaikan 5 Hal Ini Agar Anda Nyaman Dalam Bekerja

Tawaran gaji menggiurkan saat melamar kerja terkadang membuat Anda lupa bahwa rasa nyaman dalam bekerja tidak hanya karena gaji yang besar. Masih ada faktor lain yang harus diperhatikan agar di kemudian hari Anda bisa benar-benar merasa nyaman.

Kebanyakan orang memang mudah tergoda dengan tawaran yang paling menarik saat mencari kerja tanpa memikirkan dengan cermat hal-hal yang lain. Hingga pada akhirnya setelah dijalani ada sesuatu yang membuatnya merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang dijalani dan merasa sangat terbebani.

Karenanya, perlu sekali untuk meluangkan waktu barang sebentar untuk mencari kepastian apakah lowongan pekerjaan yang ada sesuai dengan diri sendiri. Apakah sesuai dengan pengalaman dan kepribadian. Juga apakah bisa mendukung keseimbangan kehidupan sebab hidup tidak hanya untuk bekerja. Ada waktu yang harus disisihkan juga buat keluarga, masyarakat maupun untuk sekedar menghibur diri dengan refreshing.

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menerima kerja atau mengajukan surat lamaran kerja?

Setidaknya ada 5 hal yang tidak boleh diabaikan agar kelak Anda nyaman dalam bekerja.

1. Atasan yang tidak kaku

Bolehlah Anda bangga diterima bekerja di perusahaan terbaik di dunia. Tapi ingat, kesenangan Anda bisa saja sirna kalau ternyata atasan Anda orangnya sangat kaku, galak dan memperlakukan Anda selayaknya budak.

Anda tidak akan merasakan nyaman dalam bekerja di sana sekalipun bergaji banyak. Mungkin juga setiap waktu yang berlalu Anda hanya berfikir untuk tetap bertahan hidup, karena Anda bekerja di bawah tekanan yang dahsyat.

Terlebih lagi bila Anda orangnya tidak memiliki kepribadian yang baik, bukan penyabar dan sangat sensitif. Bisa-bisa Anda stres karena tidak bisa menikmati rasa nyaman dalam bekerja.

Sebelum semuanya terjadi, ada baiknya Anda bertanya pada karyawan dan pegawai disana. Bagaimana sifat bosnya, bagaimana hubungannya dengan para karyawan. Dan bagaimana menyikapi kesalahan yang diperbuat bawahannya. Dengan begitu, sedikit banyak Anda bisa tahu bagaimana calon atasan Anda.

2. Aturan jam kerja

Jam kerja perusahaan satu dengan yang lain bisa saja tidak sama. Ada yang menerapkan sistem dua shift, tiga shift dan ada yang tanpa shift sama sekali.

Kalau Anda adalah orang yang mudah terjaga malam hari alias tidak mudah mengantuk, Anda berarti cocok bila bekerja shift malam.

Bila Anda tidak ingin waktu malam Anda terusik pekerjaan dan ingin selalu berkumpul bersama keluarga di malam hari, itu artinya Anda jangan memilih bekerja malam hari. Cari tempat lain yang jam kerjanya pagi sampai sore saja tanpa shift malam.

Memaksakan diri bekerja di waktu yang tidak Anda suka, atau di waktu yang Anda tidak nyaman akan mengakibatkan kinerja Anda buruk. Akibatnya hasil kerja Anda juga tidak maksimal. Tentu hal ini bisa merugikan baik diri Anda sendiri maupun perusahaan.

3. Gaji yang mencukupi dan tepat waktu

Kebanyakan orang memang tidak suka kalau lama-lama menganggur. Lantas mereka ingin cepat – cepat dapat kerja.

Mungkin karena hal ini, saat melamar kerja banyak yang tidak begitu memperhatikan besaran gaji yang akan diterima nantinya. Yang penting diterima dulu baru.

Akhirnya, tidak sedikit karyawan yang kemudian kecewa ternyata gajinya tidak sesuai yang diharapkan. Terlalu kecil dan kurang bisa memenuhi kebutuhan.

Ada baiknya, Anda cari tahu dulu berapa besar gaji yang ditawarkan sebelum memutuskan melamar kerja. Cari informasinya dengan bertanya pada pihak perusahaan langsung atau pada orang yang telah menjadi karyawan di sana.

Ini bukan berarti Anda matre dan mata duitan. Ini adalah hal realistis yang mesti dilakukan dari pada kecewa di kemudian hari. Bukankah Anda bekerja untuk memenuhi kebutuhan?

4. Akses menuju tempat kerja

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan dalam bekerja adalah akses ke tempat kerja. Tempat kerja bisa ditempuh dengan mudah dan singkat tentu lebih menyenangkan dari pada yang membutuhkan waktu lebih lama.

Ketahui seberapa jauh jarak antara tempat tinggal Anda dengan tempat kerja. Lalu pikirkan moda transportasi apa yang bisa digunakan untuk pulang pergi.

Hal ini sangat penting, terlebih bila Anda harus berangkat atau pulang larut malam. Tidak hanya kemudahan transportasinya, tapi juga sisi keamanan dan kenyamanan.

5. Budaya kerja

Ada kalanya tempat kerja Anda memiliki budaya yang berbeda dengan budaya Anda. Mungkin karena tempat kerja berbeda daerah, atau satu daerah tapi yang mengelola bukan orang dari daerah Anda.

Kalau Anda tidak memahami perbedaan budaya ini, Anda bisa saja seperti orang aneh saat bekerja disana. Tentu hal ini membuat Anda tidak nyaman dalam bekerja.

Pahami juga toleransi perusahaan terhadap perbedaan keyakinan yang dianut para pegawainya. Bagaimana perusahaan memberikan kelonggaran untuk beribadah dan libur di hari besar keagamaan.

Akan sangat mengganggu kenyamananan dan merugikan bila suatu saat Anda kerja, waktu ibadah Anda tersita bahkan terabaikan.

 

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *