Waspadalah, Melewatkan Sarapan Pagi Menyebabkan Berbagai Masalah Kesehatan

Anda merasa kurang berenergi hari ini? Barangkali tadi Anda melewatkan sarapan pagi.

Penelitian yang diadakan para ahli dari Universitas Columbia, New York Amerika Serikat mengungkapkan bahwa melewatkan sarapan pagi hari bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Tidak hanya sekedar kurang bertenaga dan merasa lapar, tidak sarapan pagi bisa memicu timbulnya penyakit jantung, diabetes hingga obesitas atau kegemukan. Saat Anda tidak sarapan kalori jadi menumpuk dan energi Anda akan terkuras untuk aktivitas pagi hingga siang. Efeknya, Anda akan merasa sangat lapar dan makan lebih banyak dari biasanya saat siang hari.

Para ahli yang lain menuturkan, orang yang memiliki kebiasaan melewatkan sarapan pagi cenderung mengalami peningkatan kolesterol dan lebih berisiko terkena penyakit darah tinggi. Selain itu, risiko terkenan gangguan jantung juga meningkat hingga 27 persen, sedangkan risiko terkena stroke meningkat hingga 18 persen dibanding orang yang biasa sarapan pagi.

Lagu bagaimana cara yang baik untuk tidak melewatkan sarapan pagi?

Pertama; tenangkan diri di meja makan.

Duduklah dengan tenang lalu makan sarapan pagi Anda yang telah tersaji dengan tenang pula. Habiskan sarapan Anda dan tutup dengan doa.

Kedua; jangan terburu-buru.

Tuntutan pekerjaan dan gaya hidup terkadang memang mempengaruhi pola makan. Namun untuk soal sarapan, tetap lebih baik dilakukan dengan tenang di meja makan. Jangan lakukan sambil berjalan, berlari atau dalam perjalanan berangkat kerja. Kalau Anda sarapan pagi dengan terburu-buru, Anda tidak bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Ketiga; atur waktu sejak awal Anda masuk kerja.

Saat Anda diterima masuk kerja, Anda pasti mengetahui jam berapa Anda harus masuk kerja. Dengan begitu Anda bisa mengatur waktu untuk aktifitas sebelum Anda berangkat kerja, mulai dari bangun tidur, ibadah pagi, berolah raga, mandi dan juga sarapan pagi. Anda pun bisa memiliki waktu yang cukup dan tidak melewatkan sarapan pagi dengan keluarga.

Sekali lagi, kebiasaan melewatkan sarapan pagi adalah kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan. Dan hal itu akan berpengaruh pada semua hasil aktifitas Anda seperti menurunnya hasil kerja dan prestasi belajar bagi para pelajar.

Bagaimana Sarapan Pagi Yang Baik?

Sarapan pagi yang baik adalah sarapan berkualitas dengan menu yang mengandung gizi seimbang. Ada protein, serat, karbohidrat, kalsium, vitamin D, kalium dan juga mineral.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *