Memenuhi Kebutuhan Makanan Sehat Ibu Hamil Muda

Pemenuhan kebutuhan nutrisi melalui makanan sehat ibu hamil tentu sangat penting untuk diperhatikan. Namun yang menjadi kendala terutama bagi ibu hamil di trimester pertama adalah rasa mual dan muntah selama masa tersebut. Sehingga kondisi tersebut seringkali menjadi alasan kurangnya pemenuhan berbagai asupan nutrisi penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Memilih Makanan Sehat Ibu Hamil Muda

Memenuhi kebutuhan nutrisi tentu akan sangat mempengaruhi perkembangan janin terutama pada trimester pertama. Untuk itu memperhatikan pemilihan makanan sehat ibu hamil haruslah berhati-hati dan mengaplikasikan gaya hidup sehat semaksimal mungkin.

Berikut beberapa makanan yang disarankan untuk ibu hamil muda atau trimester pertama:

  • Buah-buahan. Buah-buahan akan memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh dan menghindarikan dari penyakit selama masa kehamilan. Sedangkan sayur-sayuran terutama sayuran hijau akan menambah zat besi agar ibu hamil tidak sampai mengalami anemia.
  • Ikan. Ikan berguna memberikan asupan omega 3 untuk perkembangan otak janin. Tetapi perhatikan jenis-jenis ikan yang mengandung merkuri untuk dihindari dan jangan mengkonsumsinya secara mentah seperti makanan mentah ala Jepang, sushi.
  • Kacang-kacangan. Kandungan asam folat dalam kacang-kacangan akan membantu perkembangan janin dan sistem sarafnya.
  • Air Putih. Konsumsi lebih banyak air putih untuk menghindari dehidrasi yang berbahaya bagi ibu hamil dan kondisi janin dalam kandungannya.

Tips Mengatur Makanan Sehat Ibu Hamil Muda

Pada umumnya setiap ibu yang sedang hamil muda atau masa trimester pertama akan mengalami masalah mual muntah. Tetapi jangan khawatir karena rasa mual dan muntah ini merupakan tanda dari meningkatkan hormon dalam tubuh wanita serta menandakan bahwa kehamilan tersebut sehat.

Untuk mengatur makanan sehat ibu hamil selama trimester pertama bisa mengkonsumsi makanan 6-8 kali dalam sehari dalam porsi kecil. Sehingga pemenuhan nutrisi dan energi tetap tercukupi dengan baik.

Kemudian untuk mengurangi rasa mual sebaiknya menghindari mengunyah permen karena kandungan glukosanya tidak baik untuk ibu hamil. Sebaiknya diganti dengan buah-buahan yang dipotong kecil-kecil dan didinginkan sebagai snack. Dengan begitu pengaturan makanan sehat ibu hamil akan lebih mudah meskipun mual.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *