Mengatasi Masalah Komputer Hidup Tapi, Gambar Tidak Muncul Di Monitor

Sebenarnya ini bukan kasus baru dalam urusan komputer. Kalau Anda mencari di internet tentang keluhan komputer hidup tapi gambar tidak muncul di monitor, Anda akan menemukan banyak sekali kejadian sama yang menimpa para pengguna komputer. Penyelesaian yang mereka temukan dan mereka lakukan pun berbeda-beda.

Begitu pula dengan saya. Barusan saya sendiri mengalami kejadian di atas yang sangat tidak saya inginkan, komputer hidup tapi, gambar tidak muncul di monitor. Alhamdulillah, berkat informasi yang saya dapat di internet dan saya pilih yang paling simpel, komputer saya bisa kembali normal, hidup seperti semula dan gambar kembali muncul di monitor.no signal

Ceritanya begini :

Komputer saya yang lain sudah lama tidak saya bongkar untuk dibersihkan karena memang belum sempat. Padahal hampir tiap hari komputer itu saya pakai. Nah, pagi ini, entah dapat bisikan dari mana saya juga gak tahu, tiba-tiba kepikiran untuk bongkar CPU buat dibersihkan. Ternyata luar biasa, jerohan CPU dari motherboard, hardisk, memori, PSU semuanya kotor oleh debu. Bahkan ada yang paling parah, kipas processor dan heatsink-nya hampir tak terlihat rupa aslinya karena tertutup debu yang menggumpal.

Tak mau ribet, satu gelondong CPU langsung saya bawa ke bengkel motor milik teman. Semua kotoran yang menempel saya semprot angin berkekuatan penuh pakai kompresor. Kipas processor dan heatsink saya lepas, lalu saya semprot juga sampai nyaris tak ada debu yang tersisa. Bersih, mengkilap. Setelah saya oles pakai pasta, kipas processor dan heatsink saya pasang lagi ke tempat semula dalam keadaan bersih. Lalu saya bawa pulang.

Permasalahan mulai muncul ketika komputer saya pasang lagi, semua kabel yang menghubungkan ke listrik, ke monitor, ke keyboard dan mouse sudah saya pasang sempurna. Begitu tombol power saya tekan, tak ada reaksi apapun di monitor. Yang ada hanya tulisan No Signal, bawaan si monitor. Saya restart dua tiga kali tetap tak ada perubahan. Saya berfikir, barangkali ada yang terlepas pada saat saya semprot pakai kompresor tadi dan belum terpasang. Akhirnya CPU saya lepas dan saya periksa kembali semuanya. Ternyata tak ada yang terlepas. Semuanya normal. Kok aneh …

Saya coba lepas semua konektor kemudian saya pasang lagi. Lalu saya tekan lagi tombol power dalam keadaan CPU masih terbuka. Semuanya normal, kipas processor berputar kencang, lampu indikator motherboard juga on, tapi gambar masih tidak muncul di monitor. “Ada apa ini?” begitulah tanda tanya di pikiran saya. Saya berusaha tenang dan tidak panik.

Memori RAM

PIN Memori

Penghapus Pensil

Penghapus Pensil

Saya browsing mencari tahu bagaimana mengatasi masalah komputer hidup tapi, gambar tidak muncul di monitor. Setelah kesana kemari baca sana baca sini, akhirnya saya putuskan untuk mencoba salah satu tips yang paling sederhana memecahkan masalah ini dari salah satu blog yaitu dengan cara membersihkan memori.

Sesuai tips yang saya dapat, memori RAM saya cabut dari slotnya. PIN Memori atau bagian memori yang menancap ke slot kemudian saya bersihkan, saya gosok pelan-pelan menggunakan penghapus pensil. Dirasa sudah cukup, memori RAM saya pasang lagi. Tapi kali ini pindah ke slot yang satunya (kebetulan motherboard komputer saya memiliki dua slot memori RAM). Setelah selesai, kabel listrik, monitor, keyboard dan mouse juga terpasang, tombol power saya tekan dan hasilnya komputer hidup seperti semula, gambar yang tadinya tidak muncul kembali muncul di monitor.

Kesimpulan :

Kalau Anda mengalami permasalahan seperti di atas, komputer hidup tapi, gambar tidak muncul di monitor :

  1. Jangan panik, yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada solusi,
  2. Cari tahu bagaimana cara mengatasinya. Bisa tanya ke teman, teknisi, browsing atau yang lain.
  3. Setelah tahu caranya, jangan takut mencoba melakukannya sendiri,
  4. Solusi terakhir jika masih tidak berhasil, bawa ke tukang service komputer dan jelaskan permasalahannya.

Anda tidak perlu buru-buru mengvonis bahwa komputer Anda rusak, karena bisa jadi sebenarnya komputer Anda sehat namun butuh perhatian lebih dari Anda.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

6 Comments
  1. 3 years ago
    Chantrea

    bener juga sih gan, sebenernya mungkin ga rusak tapi karena panik duluan jadi deh gitu. padahal cuma butuh perawatan aja haha

    Reply
  2. 1 year ago
    Effil Franido

    Thanks infonya broooo, hidup lagi setelah baca artikel ini ??. Hasil operasi sendiri. Semoga ilmunya berkah lagi 🙂

    Reply
    • 1 year ago
      Fatchur sag

      Alhamdulillah bermanfaat. Amin dan terima kasih atas do’anya

      Reply
  3. 10 months ago
    ricky pratama

    keren gan

    Reply
  4. 9 months ago
    pangky

    Kasusnya sama gan. Ca punya sama kipasnya tidak berputar. Dan saya coba bersihkan RAMnya juga masih sama gak ada perubahan.
    Lalu saya coba hidupkan pc tanpa masang RAM tapi aneh gak ada suara titutitut biayanya kan kalo pc tanpa RAM berbunyi titutitut (cmiiw). Itu kenapa pc sata ya gan. ?

    Reply
  5. 3 months ago
    hajrun

    Kayaknya masalah kita sama mas pangky.. mohon solusinya gan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *