Mengatur Makanan Sehat Ibu Hamil Untuk Menjaga Berat Badan yang Aman

Di masa trimester ketiga biasanya berat badan ibu hamil sudah terlihat banyak perubahan. Dan tentunya mengatur pola makanan sehat ibu hamil akan menjaga berat badan ideal. Menjaga berat badan tetap harus dilakukan melalui pertimbangan asupan yang dikonsumsi untuk menghindari berbagai resiko penyakit yang bisa saja terjadi selama masa kehamilan.

Tips Mengatur Pola Makanan Sehat Ibu Hamil di Trimester Akhir

Meskipun kehamilan sudah berada di trimester akhir dan beranggapan ingin melahirkan bayi yang sehat dan cukup gizi. Hal itu bukan berarti ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan apa saja dan sebanyak apapun. Sehingga mengatur pola makanan sehat ibu hamil yang dikonsumsi sehari-hari haruslah dilakukan dengan baik untuk meminimalisasi berbagai resiko kesehatan.

Berikut tips untuk mengatur pola makan bagi ibu hamil terutama di trimester ketiga :

  • Pastikan anda mengkonsumsi minimal 8 gelas air mineral setiap harinya dan memenuhi kebutuhan serat secara maksimal. Kedua nutrisi tersebut akan membantu proses metabolisme dan pencernaan anda
  • Sumber karbohidrat yang dikonsumsi sebaiknya bervariasi tidak hanya nasi tetapi juga kentang, roti atau gandum
  • Biasakan untuk sarapan dengan sumber nutrisi yang lengkap tetapi tidak terlalu berat sehingga jumlahnya juga bisa dibagi dengan snack sebelum makan siang.
  • Penuhi kebutuhan zat besi dari berbagai sumber baik alami maupun tablet besi. Hal ini berguna untuk menghindari terjadi bayi lahir dengan berat badan rendah atau bahkan sampau keguguran

Makanan Sehat Ibu Hamil Untuk Sarapan

Selama masa kehamilan dari trimester pertama hingga ketiga, ibu hamil juga tidak boleh meninggalkan waktu sarapan. Makanan di pagi hari ini akan sangat penting sebagai nutrisi dalam melakukan kegiatan sehari-hari termasuk saat hamil.

Ada beberapa jenis bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan ibu hamil seperti olahan susu yang sudah dipasteurisasi, dan biji-bijian utuh yang belum melalui proses penggilingan. Sayur dan buah berwarna hijau serta buah-buahan segar juga baik untuk dikonsumsi.

Agar tidak bosan menu makanan bisa dikombinasikan dan membuat variasi menu makanan sehat ibu hamil yang akan dikonsumsi setiap waktu makan pagi.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *