Menghadapi Masa Awal Kehamilan dengan Makanan Sehat

Masa kehamilan merupakan masa yang paling penting bagi para wanita, sehingga makanan yang baik untuk ibu hamil harus diperhatikan khususnya saat masih di trimester pertama.

Makanan yang tepat untuk ibu hamil penting agar dapat menunjang janin dalam pertumbuhannya. Akan tetapi memilih makanan juga harus berhati-hati, terutama saat di trimester pertama. Umumnya ibu hamil akan merasakan mual di pagi hari, atau yang lebih dikenal dengan morning sickness.

Makanan yang tepat untuk para ibu hamil

Khususnya di awal kehamilan yang merupakan masa rentan dan juga memiliki resiko, baik resiko kesehatan janin maupun juga ibunya. Karena telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa saat trimester pertama, kemungkinan keguguran mayoritasnya terjadi, dan hal tersebut kebanyakan juga terjadi karena faktor makanan yang kurang sehat atau kurang baik.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil yang kehamilannya masih di trimester pertama;

  1. Sayuran; pada saat trimester pertama, kebanyakan ibu hamil akan mengalami gejala mual hingga muntah. Itulah yang disebut dengan morning sickness. Mengkonsumsi sayuran merupakan solusi tepat yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Dengan kandungan zat besinya yang dapat mencegah anemia dan juga membantu dalam memproduksi hemoglobin. Selain itu, sayuran juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi janin dan tentunya juga bagi ibu yang sedang dalam masa awal kehamilan.

  2. Buah-buahan; merupakan makanan yang sangat cocok untuk masa kehamilan trimester pertama atau sekitar hamil satu bulan. Memilih buah juga jangan sembarangan, karena buah segar lebih baik daripada buah kalengan yang memiliki kandungan bahan pengawet. Mengkonsumsi buah-buahan saat sedang hamil juga dapat membantu dalam mencegah sembelit. Akan tetapi harus diperhatikan juga bahwa terdapat beberapa buah yang dilarang, seperti halnya nanas, delima, durian, dan juga pepaya muda saat kehamilan masih di trimester pertama.

  3. Makanan olahan dari susu; mengkonsumsi produk atau makanan yang berbahan dasar susu juga baik bagi ibu saat di masa awal kehamilan. Susu memiliki kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan dari sel, khususnya sel otak. Jika ibu hamil mengkonsumsinya, maka janin pun akan mengalami pertumbuhan yang baik.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *