counter Awas, Mengkonsumsi Suplemen Tiap Hari Bisa Berbahaya – Sami Share

Info

Awas, Mengkonsumsi Suplemen Tiap Hari Bisa Berbahaya

on

Banyak orang berharap mengkonsumsi suplemen secara teratur tiap hari membuat hidup lebih sehat. Namun, yang terjadi justru sebaliknya karena tubuh tidak selalu membutuhkan.

Meski menyehatkan, bukan berarti harus tiap hari harus mengkonsumsi suplemen, terutama saat tubuh dalam keadaan sehat. Hal itu sama saja membuang duit untuk sesuatu yang kurang bermanfaat. Dan bahkan kebiasaan mengkonsumsi suplemen tiap hari, dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Sebesar apapun khasiat suplemen yang berupa multivitamin tidak akan dapat menggantikan manfaat besar dari sarapan pagi dan makan siang dengan gizi seimbang.

mengkonsumsi-suplemen-tiap-hari-bisa-membahayakan

Begitu juga suplemen jenis lain, yaitu kalsium. Terlalu banyak mengkonsumsi kalsium bisa menyebabkan masalah pada kesehatan seperti batu ginjal, sembelit dan serangan jantung.

Bagaimana dengan minyak ikan?

Minyak ikan memang memiliki manfaat besar bagi kesehatan karena merupakan salah satu sumber Omega-3 atau asam lemak yang tidak diproduksi tubuh. Namun, jangan salah. bahaya minyak ikan senantiasa mengintai saat dikonsumsi dalam dosis tinggi dan terus menerus. Minyak ikan membuat risiko terkena kanker prostat meningkat. Juga bisa menyebabkan mual, diare, tinja berair, nyeri pada ulu hati, ruam, dan mimisan.

Ironisnya, kebanyakan orang sangat bergantung pada suplemen meski pengetahuannya tentang kesehatan kurang memadai yang membuat mereka tidak bisa menentukan mana suplemen yang diperlukan mana yang tidak. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli sebelum memutuskan membeli suplemen untuk dikonsumsi.

Suplemen akan menjadi berguna bagi tubuh manakala teradi kekurangan zat. Itupun disesuaikan dengan keluhan si penderita setelah melalui proses tes dan diagnosa. Contoh dokter bisa saja meresepkan vitamin D manakala pasien memang butuh tambahan vitamin D guna membantu kesehatan tulang. Juga bisa saja memberi saran mengkonsumsi vitamin B12 saat pasien mengalami masalah kesehatan pada otot dan otak.

Kesimpulannya, jangan menganggap mudah untuk urusan mengkonsumsi suplemen dalam bentuk apapun. Bila memang tubuh dalam keadaan sehat dan menurut dokter tidak ada yang bermasalah dengan kesehatan, tidak perlu mengkonsumsi setiap hari. Selain membahayakan kantong dan dompet karena buang duit sia-sia, juga bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

“Mintalah nasehat pada ahlinya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *