Inilah 4 Minuman Sehat Yang Membantu Bakar Lemak Tubuh Secara Efektif

Terlalu banyak lemak di tubuh memang tidak enak. Selain berpotensi memicu kegemukan yang bisa menjadi biang banyak penyakit, juga bikin penampilan tidak menarik. Terutama di bagian perut. Lemak yang menumpuk bisa menyebabkan tubuh terlihat kendor dan menggelambir. Karena itu banyak orang mencari berbagai cara yang bisa membantu bakar lemak tubuh secara cepat dan efektif.

Manfaat lemak bagi tubuh dan kesehatan

Sebenarnya manfaat lemak sangatlah melimpah. Dan karena itu pula, lemak sangat diperlukan keberadaannya. Diantara manfaat lemak bagi tubuh adalah:

  1. Menjadi Sumber Energi
  2. Menjadi Sumber Pertumbuhan Sel
  3. Menunjang Fungsi Otak
  4. Membantu Penyerapan Vitamin
  5. Menunjang Produksi Hormon
  6. Membantu Kesehatan Kulit
  7. Mendukung Kesehatan Organ Tubuh
  8. Mengontrol Berat Badan
  9. Dan berbagai manfaat lemak yang lain.

Meski lemak memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, namun persentasinya haruslah normal dan tidak boleh kelebihan.

Antara wanita maupun pria masing-masing memiliki kadar normal lemak tubuh yang berbeda dikarenakan perbedaan hormon antara keduanya.

Dalam kondisi normal pria membutuhkan lemak antara 18% sampai 25 persen, dan wanita antara 25% sampai 35%. Persentase ini dihitung berdasarkan presentasi antara berat lemak total dalam tubuh terhadap berat badan komposisi penyusun tubuh antara lain rangka tulang, air, massa otot serta kulit.

Anda bisa melihat tabel kadar lemak tubuh dan persentase kadar lemak tubuh di bawah ini:

Tabel di atas menunjukkan bahwa saat kadar lemak sudah melebihi batas normal, maka Anda akan mengalami kelebihan berat badan hingga obesitas.

Perhatikan juga visualisasi perbandingan bentuk tubuh berdasarkan kadar lemak di bawah ini:

Risiko kelebihan lemak tubuh

Berbagai risiko mengancam kesehatan tubuh manakala hal ini terjadi. Banyak penyakit yang mudah menyerang saat tubuh kelebihan lemak atau dalam kata lain lemak tubuh melebihi batas normal.

Diantara risiko kelebihan lemak yang bisa mengancam kesehatan tubuh seperti:

  1. Obesitas atau kegemukan. Risiko beruntun dari obesitas diantaranya seperti terkena penyakit jantung, stroke, kerusakan jantung, penyakit pada hati, serta sakit pada paru-paru.
  2. Kerusakan Dinding Arteri yang bisa menyebabkan masalah pada ginjal dan otak karena adanya peningkatan kandungan kolesterol dalam darah. Selain karena kelebihan kadar lemak, kerusakan dinding arteri juga sangat mungkin disebabkan karena efek dari penyakit diabetes, dampak buruk junk food, dan kelebihan kalsium.
  3. Meningkatkan risiko kanker, seperti kanker kandung empedu, kanker ginjal, kanker usus besar dan kanker pada organ reproduksi.
  4. Konstipasi atau sembelit atau susah buang air besar. Sistem pencernaan bisa terganggu akibat terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.
  5. Kerusakan otak. Kelebihan lemak tubuh dikarenakan konsumsi makanan berlemak yang berlebihan dapat merusak hipotalamus, yaitu bagian otak pengatur keseimbangan energi.
  6. Kolesterol tinggi. Hampir umum, kelebihan lemak tubuh juga selalu beriringan dengan meningkatnya kadar kolesterol yang tidak sehat.

Dikarenakan banyaknya dampak buruk yang mengancam, sangat disarankan agar kadar lemak dalam tubuh ini dijaga agar tidak melewati batas normal.

Caranya adalah dengan selalu menerapkan pola hidup sehat. Selain dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan berkualitas, juga mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan memenuhi aturan gizi seimbang.

Membakar lemak tubuh dengan minuman

Untuk minuman juga jangan diabaikan. Mungkin Anda sudah sering dengar kalau minum air sangat bagus untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Terlebih bila dilakukan sesaat sebelum tidur. Saat tidur sistem metabolisme tubuh bekerja lebih lambat. Saat itulah kinerja air begitu dibutuhkan. Air akan meningkatkan sistem metabolisme yang memudahkan proses pembakaran kalori tubuh.

Alih-alih hanya minum air putih, Anda bisa juga menggunakan bahan lain yang juga memiliki khasiat mengurangi lemak tubuh.

Berikut 4 jenis minuman yang membantu bakar lemak tubuh, terutama saat tidur.

1. Jus Mentimun

Buah bulat panjang warna kehijauan ini memiliki kandungan air yang sangat banyak. Buah mentimun juga kaya akan serat, vitamin K dan mineral fosfor, namun sangat rendah kalori. Kandungan lemaknya juga sangat rendah atau hampir tidak ada. Karena itu, buah ini selalu masuk dalam menu diet sehat.

2. Jus Peterseli

Tanaman peterseli hampir mirip dengan tanaman ketumbar dan seledri. Kandungan kalorinya terbilang kecil, hanya 50 kkal/ 100 gr. Sedangkan kandungan lemaknya hanya berkisar 1 gr. Masih lebih tinggi kandungan proteinnya, yaitu 3,3 gr.

Selain mendukung pemenuhan vitamin dan mineral, peterseli juga mempercepat pembakaran lemak, meningkatkan pencernaan, mengurangi tubuh yang kelebihan cairan, dan mengatasi pembengkakan. Cara paling mudah mengkonsumsinya adalah dengan dibuat jus bersama dengan lemon.

3. Jus Lemon

Jus lemon membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Dengan begitu proses pembakaran lemak tubuh akan jauh lebih maksimal. Anda bisa mengkonsumsinya tanpa campuran apapun, atau dibuat minuman dengan tambahan daun peterseli yang dijus bersamaan.

4. Wedang jahe

Jahe adalah tanaman herbal paling populer di Indonesia. Hampir semua senyawanya memiliki manfaat bagi manusia. Jahe sangat terkenal dikonsumsi sebagai minuman penghangat tubuh yang disebut wedang jahe. Selain itu jahe juga berkhasiat mencegah timbulnya kanker, mengatasi mual, batuk, nyeri otot, pusing, meredakan nyeri karena menstruasi, mencegah morning sickness, mual dan muntah usai operasi.

Sedangkan untuk diet, wedang jahe panas sangat baik karena membuat perut terasa kenyang lebih lama, meningkatkan efek thermal tubuh, memperkuat proses metabolisme dan pembakaran kalori.

Efek thermal adalah kemampuan memproses pembakaran lemak tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Makin banyak lemak kalori yang terbakar, akan semakin banyak menghasilkan energi.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *