Mitos, Inilah 5 Tanda Hamil Anak Laki-laki

Meski tidak sepenuhnya benar, sepertinya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi orang Indonesia memiliki anak laki-laki. Bahkan saking bangganya sampai disebar-sebarkan ke teman, kerabat dan saudara. Begitu pula bagi yang memiliki istri sedang hamil, kebanyakan berharap anak pertamanya laki-laki. Tak diketahui secara pasti mengapa anggapan itu begitu memasyarakat.

Lantas, adakah tanda-tanda khusus pada sebuah kehamilan bahwa anak yang dikandungnya adalah laki-laki?

Di jaman serba canggih sekarang ini, mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan tidaklah terlalu sulit. Dengan bantuan teknologi USG atau ultrasonografi ayah dan ibu si janin bisa dengan mudah mengetahui jenis kelamin calon anaknya secara akurat, apalagi USG masa kini telah dilengkapi fitur 3 dimensi.

Namun, bila ingin mengetahui jenis kelamin si janin secara tradisional, ada tanda-tanda khusus yang bisa dijadikan petunjuk untuk mengetahui apakah calon jabang bayi berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

1. Sering Sakit Kepala

Kebanyakan wanita hamil mengalami gangguan morning sickness atau mual muntah di pagi hari saat usia kehamilan baru trisemester pertama. Namun bagi yang tidak mengalami masalah morning sickness dan justru merasakan sakit kepala tidak perlu khawatir. Hal itu memang sering juga terjadi pada banyak wanita hamil dan biasanya menjadi pertanda bahwa calon anaknya adalah laki-laki.

2. Urine Berwarna Kuning Cerah

Hal yang sering diabaikan bagi wanita hamil adalah memperhatikan warna urine saat buang air kecil. Mungkin karena tidak tahu jadi tak pernah dipersoalkan.

Sebenarnya tanda jenis kelamin janin bisa diketahui juga melalui warna urine. Bila warnanya cenderung cerah kekuningan, menandakan bahwa calon anaknya adalah laki-laki.

3. Suka Ngidam Makanan Asin dan Asam

Bukan hal aneh bila wanita hamil suka ngidam dan terkadang ngidamnya juga unik. Ada anggapan berkembang bahwa jika ngidam tidak dituruti, nanti anaknya suka ngeces alias ngiler.

Secara medis, anggapan ini tentu tidak bisa dibenarkan karena ngidam adalah efek dari hormon pada wanita hamil yang membuatnya mengingkan sesuatu atau makan makanan tertentu. Nah, bila ngidamnya lebih ke mengkonsumsi makanan asin dan asam, itu menandakan bahwa calon anaknya adalah laki-laki.

4. Detak jantung bayi kurang dari 150 detik per menit

Detak jantung bayi bisa diketahui dengan meletakkan telapak tangan di atas perut. Bila dihitung jumlah detak jantungnya selama satu menit kurang dari 150, pertanda calon anaknya adalah laki-laki.

5. Ukuran buah dada

Tentu ini yang paling mudah dilihat dan dirasakan oleh wanita hamil, ukuran buah dadanya makin besar karena terpengaruh hormon penghasil ASI. Akan tetapi, ukuran besarnya buah dada ini sering kali tak sama antara sebelah kanan dan kiri.

Bila buah dada wanita hamil terlihat lebih besar yang sebelah kanan, itu pertanda bahwa calon anaknya adalah laki-laki.

Memang kebenaran tanda-tanda itu tidak bisa dipastikan 100 persen dan perlu penelitian lebih mendalam. Karena itu, untuk mengetahui hasil yang lebih akurat, lebih baik tetap gunakan bantuan teknologi USG, sekalipun tidak mengesampingkan tanda-tanda yang muncul.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *