Jangan Sombong, Nama Besar Perguruan Tinggi Bukan Jaminan Dapat Pekerjaan Dengan Mudah

Bisa kuliah di perguruan tinggi ternama dan bergengsi hingga lulus menjadi alumni dengan titel akademik tentu suatu hal yang membanggakan. Terlebih bila jurusan yang diambil merupakan idaman banyak orang.

Tidak hanya karena bisa mengeliminasi banyak orang saat penerimaan mahasiswa baru, rasa bangga juga karena perguruan tinggi ternama didukung berbagai fasilitas yang baik dan tenaga pengajar yang berkualitas.

Benarkah nama besar perguruan tinggi bisa jadi jaminan melamar kerja akan mudah?

Dengan alasan-alasan di atas, banyak yang beranggapan kalau nama besar perguruan tinggi bisa jadi penolong saat mengajukan lamaran kerja.

Fakta yang ada ternyata tidak demikian. Sebuah penelitian pencapaian kerja para sarjana di Indiana, Amerika Serikat, Lumina Foundation mengungkapkan. Bahwa para bos ternyata sangat tidak peduli dari universitas mana para pelamar kerja itu datang.

Survey itu sendiri melibatkan sekitar 600 pemilik bisnis dan pimpinan perusahaan. Hanya 30 persen dari mereka saat ditanya seberapa penting nama besar kampus calon pekerja bagi bos yang menjawab bahwa nama nama besar perguruan tinggi sangat penting.

Sedangkan 47 persen yang lainnya beranggapan bukan nama besar kampusnya yang penting. Tapi, lebih penting jurusan apa yang dipilih para calon pekerja.

Dilihat dari hasi survey tersebut bisa disimpulkan bahwa nama besar perguruan tinggi tidak bisa jadi jaminan para pencari kerja bisa mendapatkan kerja dengan mudah. Semua tergantung pada skill dan pengalaman.

Jadi, jangan bangga dulu kalau Anda lulusan perguruan tinggi terbaik dan ternama. Dunia kerja bisa saja menenggelamkan Anda dan membuat titel Anda tidak berguna kalau Anda hanya berkutat dengan rasa bangga memiliki sertifikat lulus di kampus bergengsi.

Penting sih penting, tapi lebih penting bila Anda memulai dari bawah agar keterampilan makin terasah dan pengalaman semakin bertambah. Dengan begitu Anda tidak lagi terlalu bergantung pada nama besar kampus Anda.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *