#3 Nasehat Dunia Kerja; Makin Banyak Koki, Makin Tak Enak Rasa Masakan

Makin Banyak Koki, Makin Tak Enak Rasa Masakan

Meski tidak selalu benar, bolehlah anggapan ini dipakai kalau untuk sebuah masakan. Satu resep lebih baik ditangani satu orang koki agar rasa masakan yang dihasilkan tidak amburadul.

Tapi, bisakah demikian untuk sebuah pekerjaan? Benarkah kerja sendiri selalu membuahkan hasil lebih baik dibanding kerja tim? Kecuali Anda pemilik usaha One Man Show, hasil kerja tim tetap lebih baik.

Tidak setiap orang memiliki kemampuan multi spesialis. Ada yang hebat untuk urusan leadership, ada yang sangat mumpuni di bidang teknik, ada yang memiliki daya kreatif dan inovatif yang tinggi. Namun, ada juga yang hanya handal dalam urusan marketing. Karena itu, rasanya akan lebih optimal bila semua kealian dipadukan dalam satu tim kerja.

Bagaimana mencegah perang dunia saat berkoalisi dengan orang lain yang beda visi misi dan skill?

Logisnya saat bareng-bareng dengan orang yang memiliki visi misi dan skill berbeda akan lebih mudah memicu ketidaksepahaman. Masing masing pasti ingin lebih menonjol dibanding yang lain. Hal semacam ini yang membuat kerja tim menjadi lemah, tidak solid. Endingnya tidak akan menghasilkan apa-apa.

Untuk mencegah terjadinya perang dunia ketiga macam itu, dibutuhkan satu orang leader atau pemimpin. Tidak mesti orang paling pandai untuk semua pekerjaan. Juga bukan harus orang yang lebih tinggi jabatannya. Pemimpin disini lebih diutamakan orang yang bisa mengakomodir semua keingingan anggota. Terkadang pemimpin menjadi coach, terkadang juga menjadi wasit. Bahkan di beberapa kesempatan pemimpin harus yang bisa menjadi motivator. Membangkitkan semangat berjuang menggapai target saat seluruh aggota tim mulai loyo.

Ayo guys, tak perlu ragu untuk bekerja secara tim dengan rekanmu. Ada pemimpin yang akan selalu mengarahkanmu, menjagamu tetap di jalan utama menggapai tujuan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *