Obat Herbal Untuk Mengobati Keputihan

Seringkali wanita merasa tidak nyaman pada area V dan kebanyakan hal itu terjadi karena keputihan. Keputihan disebabkan karena jamur dan hampir semua wanita pernah merasakan penyakit ini. Untuk mengobati keputihan, tinggal periksakan diri ke dokter spesialis. Tentu saja harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan.

Bagi yang risih jika harus berhubungan dengan dokter yang notabenenya adalah orang lain, ada cara  – cara sederhana namun cukup ampuh untuk mengobati dan meringankan keputihan, yaitu dengan menggunakan obat herbal, yaitu obat yang berasal dari bahan alami berupa tanaman obat. Berikut adalah beberapa tanaman yang berfungsi sebagai obat herbal untuk mengobati keputihan.

1. Daun sirih

Daun SirihDaun sirih memiliki khasiat yang cukup banyak untuk mengobati penyakit dan menambah kecantikan wanita. Salah satu khasiat daun sirih untuk wanita adalah bisa membantu mengatasi gangguan akibat jamur yang menyebabkan keputihan pada area V. Mengapa daun sirih bisa mengobati keputihan? Hal ini tidak lain karena daun sirih memiliki kandungan antibakteri, antiseptik dan zat eugenol serta mampu untuk menghilangkan bau tidak sedap, baik itu masalah bau badan atau bau tidak sedap akibat keputihan.

Rebus beberapa lembar daun sirih, diamkan beberapa jam hingga air rebusan tersebut dingin, gunakanlah air rebusan tersebut untuk mencuci area V. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga aroma yang tidak sedap bisa hilang dan Anda pun terbebas dari gangguan keputihan.

2. Akar mawar

Bunga Mawar

Tanaman mawar cenderung lebih banyak diambil ekstrak air mawarnya untuk membuat parfum atau sebagai pelengkap racikan masker wajah. Namun ternyata akar mawar pun memiliki khasiat yang cukup menakjubkan, yakni bisa mengatasi keputihan. Ambil akar mawar yang masih dalam kondisi bagus, lantas cuci hingga benar-benar bersih. Rebus akar mawar yang sudah dibersihkan tersebut dan minumlah air rebusan akar mawar sebanyak satu kali setiap harinya untuk membantu mengatasi keputihan.

3. Akar rimpang

Akar RimpangAkar rimpang atau yang lebih dikenal sebagai umbi akar dari tumbuhan bunga kana bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal keputihan. Pilih akar rimpang kering yang berkualitas baik, olah bersamaan dengan beras ketan. Air olahan akar rimpang dengan beras ketan bisa Anda minum setiap hari untuk menghilangkan keputihan, sedangkan nasi ketannya bisa Anda konsumsi sebagai pengganti nasi putih.

4. Kunyit

KunyitSama halnya dengan daun sirih, kunyit bersifat antiseptik dan antibakteri yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesehatan area V. Pilihlah dua rimpang kunyit yang bagus, cuci hingga bersih, sediakan juga daun beluntas, beberapa gagang buah asam dan sepotong gula aren. Rebuslah semua bahan tersebut dengan satu liter air, tunggu hingga air mendidih. Setelah itu saring, dan minum ramuan tersebut setiap harinya secara teratur, cukup satu gelas saja.

5. Daun kemangi

Daun KemangiDaun kemangi memiliki aroma yang cukup tajam jadi tidak aneh jika biasa digunakan sebagai obat herbal keputihan. Kandungan anetol serta kandungan boron sangat bermanfaat dan berfungsi untuk merangsang hormon esterogen. Selain itu ada pula senyawa eugenol yang berkhasiat untuk membunuh jamur dan menghentikan pertumbuhan serta perkembangan jamur penyebab keputihan. Konsumsi saja daun kemangi sebagai lalapan.

Obat-obat herbal semacam ini tentu tidak memiliki efek samping kecuali anda memiliki alergi terhadap salah satu herbal tersebut, jadi perlu anda perhatikan juga apa yang akan anda gunakan apakah itu beresiko bagi anda atau tidak.

Meski tersedia berbagai macam obat untuk mengatasi masalah keputihan, namun tetap saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, cobalah untuk menjaga dan menghindari penyebab-penyebab dari masalah keputihan ini agar anda tidak perlu lagi repot menggunakan obat alami maupun dari dokter untuk menghilangkan keputihan ini.

Terakhir, pastikan bahwa anda selalu memperhatikan kesehatan organ pribadi anda, karena bukan hanya masalah keputihan yang akan datang, tapi masih banyak jenis penyakit dan gangguan kesehatan organ pribadi lainnya yang bisa saja menyerang anda. Selamat mencoba !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 2 years ago
    Bedjo

    Nice posting

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *