Tidak Perlu Khawatir, Menunda Punya Anak Tidak Bikin Wanita Jadi Sulit Hamil

Sebagian masyarakat kita mungkin masih memiliki anggapan bahwa wanita sulit hamil bisa jadi karena terlalu jauhnya jarak kehamilan yang sebelumnya.

Menurut dokter spesialis obgyn Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Puri Indah, dr Yassin Yanuar, anggapan tersebut tidaklah benar dan hanya mitos. Beliau menjelaskan bahwa selama alat dan sistem reproduksi suami dan istri dalam keadaan sehat, penundaan kehamilan tidak mengakibatkan istri sulit hamil.

“Itu hanya mitos. Selama alat reproduksi pasutri sehat pembuahan dapat terjadi kapan pun di rahim,”

Bahkan meski telah melakukan program KB, baik hormonal dan non hormon bertahun-tahun, seharusnya itu bukan masalah dan tidak menjadi halangan wanita untuk hamil lagi. “Malah biasanya yang sesudah lepas spiral atau berhenti pil KB lebih cepat hamil,” tambah dr Yassin.

Sulit hamil

Bila kaitannya dengan umur, berapa pun usia wanita selama masih subur dan memiliki kesehatan yang prima, wanita tidak perlu ragu dan masih mampu untuk hamil. Menurutnya, ada tiga prinsip yang menjadi penentu mampu tidaknya seorang wanita untuk hamil, yaitu Power, Passage, dan Passenger.

“Selama wanita masih punya Power atau tenaga untuk mengandung dan kemampuan kontraksi untuk melahirkan tidak ada perbedaan di usia betapapun. Kemudian Passage atau jalan lahir di panggul, kalau masih bagus tidak masalah. Terakhir Passenger, kalau janin yang dikandung sehat maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari kehamilan,” pungkasnya.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *