Sudah Kerja Lama Tapi Tidak Pernah Naik Gaji, Inilah Penyebabnya

Sudah lama bekerja tentu Anda berharap perusahaan mau menaikkan gaji. Tapi mengapa, hingga kini Anda tidak juga naik gaji, bahkan ditawarin saja tidak pernah.

Kalau hal itu yang Anda alami, Anda harus melakukan melakukan evaluasi ulang. Apa yang masih kurang dan apa yang harus Anda lakukan agar perusahaan berkenan menaikkan gaji sesuai yang Anda inginkan.

Seperti dikutip dari moster.com, ada banyak hal yang membuat seorang pegawai tidak pernah naik gaji.

1. Tidak tahu nominal yang sesuai

Bagaimana perusahaan mau menaikkan gaji Anda sedangkan Anda sendiri tidak tahu berapa nominal yang sesuai dengan pekerjaan Anda.

Cobalah lihat rekan-rekan kerja yang memiliki posisi sama dengan Anda. Tidak usah ragu, tanyakan berapa gaji mereka. Tanyakan juga mengapa mereka bisa digaji lebih besar dari Anda padahal posisinya sama.

Kareta ketidaktahuan ini membuat Anda sudah cukup legowo dengan gaji yang diberikan perusahaan.

2. Kurang tahu potensi diri sendiri

Mau gaji naik, Anda mesti bercermin juga dengan diri sendiri. Potensi besar apa yang Anda persembahkan pada perusahaan.

Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum proposal kenaikan gaji Anda ajukan:

  • Apa Anda merupakan orang penting di perusahaan?
  • Apakah tanpa Anda banyak proyek perusahaan bisa kacau?
  • Apakah skill Anda sulit mencari gantinya bila Anda tak ada?

Kalau Anda bisa mengukur potensi diri sendiri, pastinya mudah diketemukan pilihan terbaik soal gaji, layak naik atau belum.

3. Tidak percaya diri

Anda harus meyakinkan perusahaan dan atasan untuk alasan apa naik gaji. Sampaikan dengan penuh keyakinan dan percaya diri bahwa Anda memang membutuhkan naik gaji dengan alasan itu. Pastinya alasan yang berkaitan dengan prestasi dan kinerja.

Setidaknya kalau Anda penuh percaya diri dan merasa yakin atas alasan Anda, atasan Anda bisa menilai hal itu dan kemungkinan memberikan naik gaji juga akan dipertimbangkan.

4. Tidak pernah menanyakan soal kenaikan gaji

Kalau Anda berharap ada tawaran naik gaji dari perusahaan, yakinlah itu akan sangat jarang terjadi. Terlebih bila dalam kotrak yang Anda tanda tangani saat masuk kerja tidak tercantum klausul tentang kenaikan gaji. Umumnya perusahaan sudah menilai bahwa gaji yang diberikan sudah sangat pantas buat posisi Anda.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda bertanya pada atasan Anda tentang hal ini. Mengapa Anda tidak pernah ditawari naik gaji. Apapun jawaban yang disampaikan atasan, kalau memang Anda merasa yakin dan layak untuk naik gaji, mintalah dengan santun dan rasa hormat agar gaji dinaikkan.

Bagaimanapun juga, hubungan Anda dengan perusahaan adalah bisnis. Dan bisnis harusnya berprinsip saling menguntungkan satu sama lain. Namun terkadang Anda merasa tidak diuntungkan karena gaji tidak sesuai yang Anda inginkan. Karena itu masalah gaji sangat perlu didiskusikan bila memang Anda rasa kurang menguntungkan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *