Tips Memilih Pakaian Olahraga Agar Tetap Nyaman

Hidup sehat dimulai dari perilaku dan aktifitas yang menunjang terpenuhinya kebutuhan kesehatan. Diantara banyak faktor penunjang hidup sehat selain terpenuhi kebutuhan makan minum yang bergizi, istirahat yang cukup, lingkungan yang bersih dan hijau adalah tercukupinya kebutuhan olahraga.

Kebutuhan olahraga merupakan salah satu faktor penting membentuk pola hidup sehat. Dengan berolahraga, otot – otot tubuh tidak terasa kaku. Terjadi proses pembakaran lemak lewat keringat yang keluar sehingga tidak terjadi penimbunan lemak yang dapat menyebabkan kegemukan dan berbagai macam masalah kesehatan. Olahraga juga membuat sistem imun tubuh menjadi lebih aktif sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan kebal dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga tiap hari dan menjadikannya sebuat rutinitas, walaupun durasi waktunya sangat sebentar dan singkat.

pakaian olahraga

Salah satu hal penting dalam berolahraga adalah memilih pakaian olahraga yang tepat. Pemilihan pakaian olahraga sering kali yang tepat sering kali diabaikan. Kebanyakan orang menganggap pakaian apapun tidak masalah dipakai untuk olahraga. Padahal memilih pakaian olahraga yang tepat sangatlah penting karena mempengaruhi kenyamanan dan keleluasaan dalam bergerak.

Menurut salah seorang instruktur yoga dan pilates, bahwa tidak ada alasan valid bagi manusia sehat untuk tidak bergerak dan berolahraga. Dan oleh karena itu, penting untuk memilih pakaian olahraga yang memudahkan dalam bergerak serta melakukan berbagai aktifitas sehari – hari.

Ada beberapa hal pokok dan mendasar yang bisa perlu diperhatikan saat memilih pakaian olahraga agar tetap nyaman dan leluasa bergerak.

1. Pilih pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat

Memilih pakaian olahraga yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat memiliki manfaat tersendiri. Bila dipakai akan tetap nyaman sekalipun berkeringat sangat banyak. Ini dikarenakan keringat yang keluar akan terserap dan tubuh tidak menjadi basah kuyup karena keringat.
Ada banyak jenis bahan pakaian olahraga yang memiliki keunggulan mudah menyerap keringat. Salah satu diantaranya adalah Lycra atau Spandex. Bahan ini terbuat dari polymer, yang mengandung polyurethane yang memiliki unsur elastis atau lentur. Sering digunakan untuk bahan pembuatan pakaian olahraga karena memiliki pori-pori yang mampu menyerap keringat lebih cepat.
Bahan pakaian lain yang juga mampu menyerap keringat adalah Lotto. Tidak begitu mengkilat, namun lembut ketika dipegang dan juga elastis. Bahan Lotto biasa digunakan untuk pembuatan kaos olahraga baik individu maupun tim karena memiliki keistimewaan mampu menyerap keringat.

2. Pilih pakaian olahraga yang tidak terlalu ketat

Pastikan pakaian olahraga yang dipilih dan dikenakan tidak mengganggu kenyamanan dalam bergerak. Gerakkan tangan ke kanan ke kiri, ke bawah ke atas, memutar tubuh dan berlari – lari kecil. dan rasakan apakah pakaiannya terlalu ketat atau sudah nyaman. Jika terlalu ketat, jangan paksakan untuk memakainya. Selain tidak nyaman, pakaian olahraga terlalu ketat juga berpotensi celaka dan membahayakan. Gantilah dengan pakaian lain yang lebih nyaman.

Tidak Terlalu Ketat

3. Pilih pakaian olahraga dengan warna favorit dan serasi

Walau sekilas terlihat seolah tidak ada hubungannya dengan olahraga, memilih pakaian olahraga dengan warna favorit bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Apalagi jika jika pemilihan warnanya sangat serasi antara pakaian bagian atas dan pakaian bagian bawah serta sepatu. Salah dalam pemilihan warna menyebabkan Anda menjadi pusat cibiran dan perhatian banyak orang. Tentu tidak nyaman bukan …

4. Jika berjilbab, hindari pemakaian jarum berlebihan

Tidak ada larangan orang berjilbab untuk berolahraga karena jilbab berkaitan dengan prinsip, sementara olahraga berhubungan dengan masalah kesehatan. Hanya perlu diperhatikan bahwa melakukan olahraga dengan mengenakan jilbab yang tidak tepat kadang bisa berbahaya. Untuk itu jilbab dan aksesories yang dikenakan harus tetap mengutamakan keselamatan. Hindari pemakaian jarum pada jilbab karena pergerakan saat olahraga membuat jarum bisa saja terlepas tanpa diketahui. Tentu ini membahayakan baik diri sendiri maupun orang lain. Gunakan juga jilbab dari bahan yang tidak licin agar tidak sering berubah dari tatanan awal. Bahan jilbab yang licin bisa saja sering melorot saat digunakan berolahraga yang membuat Anda bolak – balik membenahi.

Jilbab Olahraga

5. Hindari pemakaian sepatu dengan hak tinggi

Karena merupakan bagian tidak terpisahkan dari pakaian olahraga, sepatu yang dikenakan saat olahraga juga harus diperhatikan.
Tidak lucu bukan jika Anda berolahraga dengan mengenakan sepatu hak tinggi. Selain tidak nyaman dan membahayakan. Bila di keramaian Anda juga akan jadi perhatian banyak orang karena salah memilih sepatu. Pilihlah sepatu olahraga dengan bagian bawah terbuat dari bahan yang tidak mudah licin, yang agak kasar agar tidak mudah terpeleset saat berjalan, berlari, atau melakukan pergerakan kaki yang lain.

6. Bercermin

Setelah selesai mengenakan pakaian olahraga, jangan lupa untuk mematut diri di depan cermin. Pandanglah diri Anda dan pakaian olahraga Anda dari atas sampai ke bawah dan pastikan pakaian olahraga yang Anda kenakan tidak ada yang kurang seperti lupa mengancingkan atau mungkin pakaian terbalik tanpa Anda sadari. Bila sudah tidak ada kekurangan, artinya Anda siap untuk mulai gerakan pemanasan yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan olahraga utama.

Itulah beberapa tips memilih pakaian olahraga agar tetap nyaman. Sekali lagi, merek dan desain apapun pakaian olahraga yang Anda pilih, pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan, kenyamanan, serta penampilan. Jangan lupakan juga untuk selalu mengutamakan etika berpakaian dan menjunjung tinggi budaya berpakaian sesuai dengan budaya negeri kita Indonesia, walau hanya sekedar pakaian olahraga.

Semoga bermanfaat dan selamat berolahraga !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

3 Comments
  1. 3 years ago
    Pakaian olahraga terlengkap

    Betul sekali! banyak orang yang menyepelekan pemilihan pakaian saat berolahraga. Selain memilih bahan yang menyerap keringat, akan lebih baik agar memilih warna serta model yang sesuai agar memotivasi kita dalam berolahraga. Yang terpenting jangan lupa tinggalkan perhiasan di loker/rumah saat berolahraga karena hal itu dapat menyebabkan cidera yang tidak kita inginkan. Btw thanks ya infonya!

    Reply
    • 3 years ago
      Fatchur sag

      Betul juga tambahannya nih, tinggalkan perhiasan berharga di rumah. selain berisiko timbulkan kecelakaan juga bisa mengundang tindak kejahatan.
      Thanks

      Reply
  2. 2 years ago
    berca2

    makasih untuk informasinya 😉 jangan lupa juga kunjungi ted baker indonesia

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *