Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Di Musim Penghujan

Mudah sakit saat musim hujan, itu sudah hal umum. Meski begitu, tak ingin kan kalau Anda atau keluarga Anda yang terkena sakit?

Biasanya kondisi mudah sakit ini dimulai saat pergantian musim dan berlanjut hingga sepanjang musim penghujan. Cuaca yang dingin dan tak menentu membuat tubuh rentan terkena penyakit, terutama flu.

Untuk mengantisipasi kerentanan tubuh terkena penyakit, inilah beberapa tips menjaga tubuh tetap sehat di musim penghujan yang bisa Anda lakukan.

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Di Musim Penghujan

1. Cukupi Vitamin D

Tidak hanya baik buat pertumbuhan gigi dan tulang, vitamin D juga dapat menjadi perisai dari berbagai penyakit. Mulai dari yang berbahaya seperti kanker sampai pada yang ringan seperti flu. Sumber vitamin D yang paling mudah di dapat adalah sinar matahari pagi. Namun, tentu saja jarang ditemui saat musim penghujan. Dari pagi hingga sore, cuaca biasanya kalau tidak hujan ya mendung.

Oleh karena itu, Anda perlu mencari sumber vitamin D lain selain sinar matahari, yaitu dari asupan makanan dan minuman. Diantara makanan sumber vitamin D adalah minyak ikan kod, ikan berlemak seperti salmon, sardern dan ikan tuna. Kemudian telor, tahu, tempe, susu kedelai, susu dan olahannya, hati sapi dan jamur. orang yang mengkonsumsi vitamin D lebih banyak biasanya memiliki ketahanan tubuh 40 % lebih kuat.

2. Cukupi kebutuhan serat larut air

Pilih makanan yang banyak mengandung serat larut air, yaitu serat yang akan membentuk gel saat di lambung. Makanan ini membuat kenyang di perut lebih tahan lama dan tidak cepat lapar. Selain itu juga membantu mengontrol kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Serat larut banyak terdapat pada kacang almon, oat, brokoli, wortel, dan buah-buahan seperti berry, pisang, apel, dan pir.

3. Jaga berat badan

Berat badan ideal memiliki daya tahan tubuh lebih baik dari mereka yang kegemukan, terutama di musim penghujan dimana banyak penyakit menyerang siapapun. Jadi, pastikan Anda mengontrol pola makan dan istirahat berat badan tetap terjaga.

4. Tetap berolahraga

Banyak bergerak atau berolahraga membuat tubuh melepaskan energi menjadi panas. Dengan begitu, risiko terkena penyakit akibat suhu tubuh yang dingin bisa diminimalkan.

Selain tips di atas, hal yang lain yang penting untuk diperhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim penghujan adalah masalah kebersihan. Meskipun tubuh telah dijaga tetap fit, tapi kalau kebersihan tidak diperhatikan, penyakit juga akan mudah menyerang.

Jadi, Anda harus tetap mengutamakan kebersihan baik kebersihan tubuh, tempat tinggal, maupun lingkungan sekitar. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan biarkan air menggenang lama tanpa tutup,

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *