Waspadalah, Bau Mencurigakan Ini Bisa Menjadi Petaka Di Rumah Anda

Keselamatan, itulah yang senantiasa Anda idamkan setiap saat setiap waktu. Segala upaya Anda lakukan agar  Tuhan selalu melindungi dari mara bahaya dan segala musibah.

Datangnya musibah dan petaka memang mengejutkan dan membuat menderita. Musibah datang tidak memandang waktu dan tempat, bisa di mana saja dan kapan saja. Di jalanan, di tempat kerja, di saat bersenang-senang, di gunung, lembah, pantai, lautan, di sekolah, di rumah sakit, di tempat ibadah, bahkan tidak sedikit yang terjadi di rumah.

Mengantisipasi terjadinya musibah, Anda harus senantiasa berhati-hati dan waspada. Bisa saja musibah terjadi karena keteledoran. Anda kurang antisipasi terhadap gejala – gejala yang muncul sehingga setelah semuanya terjadi, barulah sadar bahwa Anda sebenarnya sudah memperkirakan akan terjadi seperti ini.

Dari sekian banyak hal yang harus Anda waspadai adalah saat Anda menemukan bau mencurigakan di dalam rumah.bau-mencurigakan-di-rumahSeperti kita ketahui bersama, rumah adalah tempat yang paling aman untuk bernaung dari segala hal yang tidak mengenakkan seperti guyuran hujan, sengatan panas matahari, dan tiupan angin yang berhawa dingin. Rumah juga menjadi tempat bercengkerama meluapkan kasih sayang bersama keluarga.

Meski semuanya serba menyenangkan, Anda tak boleh terlena. Anda harus tanggap saat mencium bau mencurigakan karena beberapa bau mencurigakan berpotensi menjadi petaka saat dibiarkan. Segera lakukan penanganan sebelum semuanya menjadi kacau.

Inilah beberapa bau mencurigakan di rumah yang harus diwaspadai dan harus segera ditangani

1. Bau benda terbakar

Saat mencium bau gosong di rumah, itu menandakan ada sesuatu yang terbakar. Yang harus segera Anda lakukan adalah segera mencari tahu secara pasti dimana sumbernya.

Ada beberapa kemungkinan bau terbakar di dalam rumah berasal dari hal-hal berikut:

  • Korsleting listrik. Korsleting menyebabkan percikan api yang membakar kulit kabel sehingga mengeluarkan bau menyengat seperti plastik atau karet terbakar. Umumnya kulit kabel terbuat dari thermoplastic.
  • Lupa mematikan kompor saat memanaskan makanan. Hal ini menyebabkan pan atau wajan mengeluarkan panas yang luar biasa yang bisa menghabiskan kadar air pada masakan. Bau makanan yang seharusnya sedap berubah menjadi bau arang terbakar.
  • Lupa mematikan seterika. Terkadang karena sambil melakukan aktifitas lain seperti main HP atau nonton acara televisi jadi lupa kalau saat itu sedang menyeterika. Pakaian yang harusnya jadi rapi malah bolong terbakar seterika.

Potensi bahaya yang timbul dari mencium bau benda terbakar adalah kebakaran. Oleh karena itu waspadalah dengan hal yang satu ini.

2. Bau gas

Bau mencurigakan berikutnya adalah bau gas, bau ini sangat mudah dikenali karena baunya yang khas. Saat hidung Anda secara tak sengaja mencium bau gas di dalam rumah segera cek tabung gas Anda. Bila semakin dekat baunya makin tajam dan terdengar suara mendesis, itu berarti gas Anda bocor. Segera lepas regulator dan bawa ke tempat terbuka. Buka juga pintu dapur agar udara dari luar masuk menggantikan udara dalam rumah yang sudah bau gas.

Potensi bahaya dari bau gas yang disebabkan gas bocor tidak hanya baunya yang tidak nyaman, tapi juga mengganggu kesehatan terutama pada pernafasan. Selain itu, gas bocor yang dibiarkan menguap di dalam rumah juga sangat berbahaya, bisa saja tersulut menjadi api atau menimbulkan ledakan keras yang sangat menghancurkan.

Yang tak kalah berbahayanya dari gas tabung di atas adalah gas dihasilkan oleh kenalpot kendaraan.

Anda mungkin lupa atau tidak menyadari saat memanasi mesin kendaraan, Anda masih di dalam rumah. Gas yang keluar dari kenalpot akan masuk ke dalam rumah. Gas ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung Karbon Monoksida (CO). Bila terhisap bisa menyebabkan pusing kepala, mual, mutah, gangguan penglihatan, pernafasan cepat, pingsan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, jangan menganggap remeh memanasi mesin kendaraan saat masih di dalam rumah. Bawa dulu ke halaman baru nyalakan mesin.

3. Bau bangkai

Mula-mula bau bangkai ini akan tercium samar-samar. Beberapa jam kemudian baunya makin terasa. Besoknya dijamin, Anda tidak akan tahan lagi karena sangat busuk dan menjijikkan.

Anda tidak perlu menunggu hingga bau bangkai itu menyengat begitu tajam. Sejak awal tercium meski masih samar-samar Anda harus cari sumbernya sampai ketemu. Setelah itu bakar atau kubur di tanah dalam-dalam.

Selain baunya yang busuk menyengat, bangkai juga berpotensi menjadi sumber penyakit bagi manusia. Bangkai tikus misalnya, terkenal sebagai penyebab penyakit lepospirosis.

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Salah satu hewan pembawa bakteri leptospira adalah hewan pengerat, tikus. Menyebar dan menular ke manusia melalui kontak langsung dengan air yang telah terkontaminasi bakteri. Bisa juga melalui cairan darah dan cairan tubuh bangkai yang terbawa oleh lalat melalui kaki-kakinya.

Jadi sekali lagi, kalau Anda mencium bau bangkai dalam rumah, pastikan Anda harus segera menyingkirkannya agar timbul masalah besar di kemudian hari.

4. Bau kalajengking

Bagi yang belum pernah kontak dengan kalajengking tentu tidak akan tahu bagaimana asemnya bau hewan ini. Tidak perlu menunggu sampai betul-betul melihat kalajengking, saat Anda menemukan bau mencurigakan, asem dan sangat menusuk hidung segera cari sumbernya. Barangkali itu adalah bau hewan bercapit dua ini. Temukan dan buang di tempat yang jauh dari perumahan atau bila terpaksa bunuh hewan itu.

kalajengking-cambukKalajengking Cambuk

Saat kalajengking masuk ke dalam rumah, sangat besar potensi bahaya yang ditimbulkan. Hewan itu bisa menyengat siapa saja yang dianggapnya mengganggu. Tak peduli dia masih anak-anak, remaja atau bapak ibu pemilik rumah.

Itulah 4 bau mencurigakan yang berpotensi mendatangkan petaka di rumah Anda. Bila Anda mengetahui yang lainnya, silahkan bagikan melalui kolom kementar dibawah ini.

Sekali lagi, Anda harus selalu hati-hati dan tanggap suasana. Bila menemukan bau mencurigakan seperti di atas, segera cari sumbernya dan tangani dengan seksama agar risiko bahaya yang mungkin timbul bisa dihindari.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *